visitaaponce.com

Pengamat Sebut Jokowi Condong Mendukung Prabowo Ketimbang Ganjar

Pengamat Sebut Jokowi Condong Mendukung Prabowo Ketimbang Ganjar
Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dinilai lebih condong memberikan dukungan ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ketimbang mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden. Publik juga dinilai memikirkan hal serupa.

"Persepsi masyarakat secara umum memang melihat gestur politik Pak Jokowi dipersepsikan lebih dekat atau condong kepada Prabowo Subianto daripada ke Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif Para Syndicate Nurcahyo dalam telekonferensi pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Pandangan masyarakat itu dinilai terjadi karena Jokowi lebih sering menampilkan sinyal dukungan ke Prabowo daripada Ganjar di muka publik. Persepsi itu disebut tidak bisa dipungkiri saat ini.

Baca juga: Koalisi Prabowo Tepis Isu Poros Baru

"Memang kuat sekali persepsi publik hari ini soal memang posisi politik Pak Jokowi yang memang lebih condong ke arah koalisinya Pak Prabowo, atau mendukung Pak Prabowo," ucap Nurcahyo.

Namun, persepsi itu bukan berarti Jokowi benar-benar mendukung Prabowo ketimbang Ganjar. Sebab, cuma Kepala Negara yang mengetahui arah politiknya saat ini.

Baca juga: Dukungan Golkar Mengerucut ke Satu Orang

"Ini soal persepsi, dan politik itu adalah soal persepsi. Bahwa faktanya seperti apa itu bisa penting, bisa juga tidak penting," ujar Nurcahyo.
Menurut Nurcahyo, dukungan politik dari Jokowi penting untuk mendapatkan elektabilitas. Dia mengutip hasil survei Litbang Kompas pada Agustus 2023.

Berdasarkan data yang didapatnya, suara Ganjar bakal naik 0,8 persen jika Jokowi memberikan dukungan kepadanya. Tapi, jika ke Prabowo bakal lebih tinggi lagi.

"Jika Pak Jokowi mengendorse Prabowo Subianto itu tambahan elektabilitasnya bisa 3,8 sampai 4 persen," kata Nurcahyo.

Suara 4 persen itu dinilai penting. Sebab, bisa menentukan kemenangan dalam Pemilu 2024. Meski kecil, angka itu tidak bisa disepelekan.

"Bagaimana sebetulnya faktor Jokowi berpengaruh terhadap arah dukungan capres cawapres," tutur Nurcahyo. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat