visitaaponce.com

Keputusan Persatuan Purnawirawan Polri Dukung Ganjar-Mahfud MD Dikritik

Keputusan Persatuan Purnawirawan Polri Dukung Ganjar-Mahfud MD Dikritik
Pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD(MI/Usman Iskandar )

ANGGOTA Komisi III DPR Komjen (Purn) Adang Daradjatun mengkritik hasil Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) Persatuan Purnawirawan (PP) Polri yang menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Adang menilai seharusnya purnawirawan Polri diberi kebebasan memilih kandidat yang didukung.

"Tidak ada rakerpus itu mengarahkan bahwa pensiunan harus memilih salah satu capres dan cawapres," ujar Adang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut meski sudah pensiunan, PP Polri seharusnya tetap setia pada kepolisian dan negara. Sebaliknya, kata dia, bukan mengarahkan berpihak kepada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres).

Baca juga: 12 Purnawirawan TNI-Polri di Jawa Barat Dukung Amin

"Pada saat dibentuk PP Polri itu jelas sekali dalam ketentuannya bahwa kita ini nya saja ya, istilahnya statement-nya tetap setia, ditandainya tetap setia, jadi kita tetap setia kepada kepolisian dan negara. Jadi tidak setia atau berpihak ke salah satu golongan atau apa pun juga," ungkapnya.

Adang menyebut adanya arahan khusus terkait capres-cawapres yang diusung baru pertama kali terjadi. Bahkan, kata dia, banyak para purnawirawan Polri yang merasa terkejut dengan hasil Rakerpus PP Polri.

Baca juga: Moeldoko Ajak Purnawirawan TNI-Polri Tetap Solid di Tahun Politik

"Enggak ada, dulu enggak ada arahan-arahan seperti itu. Jadi silakan sebagai pensiunan memilih sendiri mana yang diinginkan," sambung eks Wakapolri ini.

Adang pun khawatir akan ada perpecahan di internal PP Polri usai adanya hasil rakerpus tersebut. Terlebih, Adang merupakan salah satu purnawirawan Polri.

"Lebih terpecah lah kalau saya bilang mah. Karena kan toh sebaiknya sebagai PP Polri menyatakan bahwa 'Anda sudah purnawirawan, bisa memilih, pilihlah yang Anda suka'. Tapi bukan merupakan hasil rakerpus lalu mengumpulkan para pengurus, supaya memilih si A, itu udah nggak baik," tuturnya.

Persatuan Purnawirawan Polri resmi menyatakan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Pilpres 2024. Keputusan itu diambil usai Rakerpus PP Polri.

"Rapat tadi menghasilkan suatu keputusan, salah satunya adalah dukungan daripada PP Polri sampai dengan 3 ranting kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud Md," ujar Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Gatot Edy usai Rakerpus di Jalan Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Oktober 2023. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat