visitaaponce.com

Istana Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Sudah Dimulai

Istana: Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Sudah Dimulai
Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta.(BPMI Setpres)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mulai melakukan persiapan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI yang akan digelar pertama kali di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan persiapan dilakukan sejak awal tahun demi memastikan semua berjalan lancar.

"Semua rangkaian bulan kemerdekaan yang biasanya ada di Jakarta, jadi di IKN," ujar Setya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/1).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan persiapan meliputi pelaksanaan upacara kemerdekaan, sarana dan prasarana di IKN serta tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Khusus untuk Paskibraka, Istana meminta pembentukan tim dilakukan sejak Maret. Artinya, proses seleksi hanya menyisakan dua bulan lagi.

"Saya minta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila terkait dengan Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk pada Mei, sekarang harus lebih cepat lagi. Pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa dari Maret sudah ada, sehingga latihannya sedini mungkin," papar Heru.

Baca juga: Djarum dan Wings Group Batal Bangun Hotel di IKN

Nantinya, tim Paskibraka akan tetap berlatih di Jakarta dengan simulasi yang dibuat mirip seperti di IKN. Kemensetneg, ujar Heru, saat ini juga sudah mulai melakukan rapat dengan kementerian/lembaga untuk membahas detil persiapan yang dilakukan.

Terkait akomodasi, ia mengatakan tidak semua tamu undangan dapat menginap di IKN. Sebagian besar akan diarahakan untuk bermalam di Balikpapan serta Samarinda.

"Kesiapan akomodasi juga dibahas. Nanti siapa yang menginap di Balikpapan, siapa yang menginap di Samarinda, bagaimana lantas nanti menggunakan kendaraan listrik," terang Heru.

Baca juga: Anies: Bukankah Lebih Baik Bangun Jalan Kampung Ketimbang Istana?

Oleh karena itu, pada perayaan upacara kemedekaan nanti, jumlah undangan akan disesuaikan.

"Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kesiapannya jumlahnya berapa tadi dihitung hitung kurang lebih 2.000 di sisi kiri dan kanan dan juga kombinasi hybrid," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat