visitaaponce.com

Kunci Ketenangan Adalah Memperoleh Dukungan dari Parpol Luar Pemerintah

Kunci Ketenangan Adalah Memperoleh Dukungan dari Parpol Luar Pemerintah
kunci ketenangan dalam pemerintahan ialah mendapat dukungan dari partai di luar pemerintahan(AFP)

PENGAMAT Politik Citra Institute, Efriza menuturkan kunci ketenangan dalam pemerintahan nantinya ialah dengan memperoleh dukungan tambahan dari partai di luar pemerintah.

Menurut Efriza, suara besar dari masyarakat tidak berkorelasi memberikan ketenangan dalam pemerintahan Prabowo Subianto ke depannya.

Maka, kata Efriza, kunci untuk ketenangan dalam pemerintahan adalah memperoleh dukungan tambahan dari partai di luar pemerintah, seperti PKB, Partai NasDem. Bila diperlukan, kata Efriza, mengajak PDI Perjuangan meski sulit.

Baca juga : Koalisi Indonesia Maju: Cawapres akan Ditentukan Prabowo

“Tetapi lagi-lagi politik pascapemilu berbicara mengenal political support, sedangkan Gerindra tidak bisa diharapkan sebagai pendukung pemerintahan Pak Prabowo karena partai ini berada di urutan ketiga dan hanya sebesar 13,22 persen semata,” ungkap Efriza kepada Media Indonesia, Kamis (28/3).

“Menjadi fakta miris partainya pemerintah tetapi tidak akan dapat menjadi penjamin keamanan dari pemerintahan,” ungkapnya.

Ia mencontohkan keadaan Gerindra saat ini mirip seperti Partai Demokrat dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada periode pertamanya tahun 2004 lalu. Demokrat saat itu hanya mendapatkan 7,45% semata sehingga pemerintahan SBY banyak menghadapi interpelasi dan hak angket di Senayan.

Intinya, agar tak mendapat banyak tekanan di parlemen, pemerintah di masa mendatang perlu memperoleh dukungan tambahan dari partai di luar pemerintah, seperti PKB, Partai NasDem, maupun PDIP. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat