visitaaponce.com

KPU Buka Pendaftaran Ad Hoc Panitia Pilkada

KPU Buka Pendaftaran Ad Hoc Panitia Pilkada
Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni.(METRO TV/SIDHARTA ARIA AGUNG)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan pembentukan panitia ad hoc pemilihan kecamatan untuk pemilihan kepala daerah di seluruh wilayah, Selasa (23/4). Agenda tersebut sekaligus membuka pendaftaran bagi para anggota panitia Pilkada diseluruh daerah.

Acara peluncuran berlokasi di Kantor KPU Kota Depok, Kota Depok, Jawa Barat dan dihadiri Komisioner KPU Pusat Persadaan Harapan dan Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni.

Dalam sambutannya, Ummi menyampaikan salah satu alasan acara digelar di Kota Depok karena Kota Depok merupakan salah satu kawasan strategis yang berdekatan dengan Jakarta.

Baca juga : Pascalebaran, KPU Kumpulkan Jajaran Bahas Regulasi Pencalonan Kepala Daerah

"Kota Depok adalah salah satu dari 27 kabupaten kota di jawa barat yang menjadi salah satu wilayah yang berdekatan dengan Jakarta. Jadi semangat bagi kami, KPU provinsi Jawa Barat kalau hari ini launching badan ad hoc ini ada di salah satu wilayah di Jawa Barat. Di Jawa Barat, jumlah penyelenggara mencapai 1,3 juta," kata Ummi.

Sementara itu, Komisioner KPU Pusat Parsadaan Harapan menjelaskan, pembentukan ad hoc panitia Plkada ini akan dimulai di tingkat Kecamatan, selanjutan pada tingkat desa dan kelurahan.

"Hari ini, tanggal 23 April KPU secara nasional memulai proses pembentukan ad hoc penyelenggaraan pilkada, kita mulai di tingkat kecamatan. Kita membentuk panitia pemilihan kecamatan di 7.277 kecamatan dengan merekrut personel sebanyak 36.385 orang di seluruh Indonesia," kata Parsadaan.

Baca juga : Belum Ada Tokoh Potensial Maju di Pilkada Depok 2024

Menurut Parsadaan, nanti secara berjenjang akan dibentuk formasi di tingkat desa dan kelurahan dalam hal ini adalah teman-teman TPS dan seterusnya. Jadwal pemutakhiran untuk Pilkada Serentak dimulai pada Juni.

"Pendaftarannya bisa melalui SIAKBA, bisa juga kemudian jika ada masalah terkait dengan jaringan, sinyal dan sistem yang ada di seluruh Indonesia di daerah-daerah tertentu karena kita mengetahui tidak semua wilayah di Indonesia ini memiliki jangkauan sinyal yang selalu dalam kondisi baik, maka ini bisa langsung pendaftaran dilakukan ke KPU Kabupaten Kota setempat," kata dia.

"Karena memang dua cara ini yang kita lakukan agar bisa mendapatkan menjaring potensi-potensi terbaik di seluruh Indonesia untuk menjadi anggota panitia pemilihan kecamatan di tingkat kecamatan," sambungnya. (Z-6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat