visitaaponce.com

Ini Tema, Logo, Makna Filosofis, dan Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Ini Tema, Logo, Makna Filosofis, dan Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024
Tema perayaan Hari Lahir Pancasila adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,"(MI/Susanto)

KELAHIRAN Pancasila dimulai dari sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pada kesempatan itu, ideologi Pancasila pertama kali diusulkan para pendiri bangsa dan diperbincangkan secara mendalam.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila resmi lahir sebagai landasan negara Indonesia. Setiap tahunnya, pada tanggal 1 Juni, seluruh masyarakat Indonesia merayakan hari bersejarah ini untuk menghormati perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan ideologi yang menyatukan bangsa. 

Tapi, apa tema, logo, makna, dan susunan acara untuk Hari Lahir Pancasila 2024?

Baca juga : Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Tema dan Logo 

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, tema perayaan tahun ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024". 

Tema ini menyoroti peran Pancasila dalam menyatukan seluruh rakyat Indonesia, merangkul keragaman, dan menjadi fondasi kuat dalam mencapai visi Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Logo utama untuk Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah "SANDYA TARU" atau Pohon Persatuan. Dalam logo ini, tergambar semangat persatuan, gotong royong, dan kesetaraan, diambil dari nilai ketiga Pancasila yang disimbolkan oleh pohon beringin.

Baca juga : Yuk Pasang Twibbon Buat Rayakan Hari Lahir Pancasila

Makna Logo

Logo Hari Lahir Pancasila 2024 terdiri dari lima bagian dengan filosofi mendalam:

1. Pohon Persatuan

Pohon tegak di tengah gelombang besar menandakan kekokohan jiwa dalam menghadapi berbagai tantangan. Lima sila Pancasila digambarkan dengan empat daun sebagai tangan dan satu daun sebagai kepala, membentuk angka 1.

2. Penjaga dan Pertahanan

Gambaran burung garuda bersama tameng yang terhias empat bulu melambangkan peran penting dalam menyatukan bangsa Indonesia dalam segala keberagamannya. Ini penting untuk menjaga visi dan misi Indonesia Emas dari berbagai tantangan global.

Baca juga : Deretan Ucapan Hari Pancasila, yang Wajib Kamu Tahu

3. Generasi Penerus

Tunas di puncak dengan warna emas menyimbolkan upaya melahirkan generasi emas penerus bangsa yang cerdas.

4. Gotong Royong

Ilustrasi manusia bergandengan tangan melambangkan gotong royong untuk mewujudkan pertumbuhan Nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan dalam harmoni kesetaraan.

5. Globalisasi

Menggambarkan harapan Indonesia menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya lainnya pada tahun 2045, dengan Pancasila sebagai fondasi dalam menghadapi tantangan globalisasi.

Baca juga : 9 Pidato Inspiratif untuk Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024

Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Upacara Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Lapangan Garuda PHR Dumai, Riau. Pemilihan tempat ini bukan tanpa asalan. 

Lapangan Blok Rokan itni awalnya dikelola perusahaan asing. Namun sejak 2021, sudah dikelola BUMN, yakni Pertamina Hulu Rokan. 

Berikut susunan upacara Hari Lahir Pancasila 2024.

1. Pengibaran Bendera Merah Putih

Pengibaran bendera dilakukan dengan penuh khidmat diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

2. Pembacaan Naskah Pancasila

Naskah Pancasila dibacakan oleh seorang tokoh atau pejabat penting untuk mengingatkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

3. Amanat Pembina Upacara

Amanat ini berisi pesan-pesan penting tentang peran Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta harapan menuju Indonesia Emas 2045.

4. Pembacaan Doa

Doa bersama dipanjatkan untuk memohon keberkahan dan keselamatan bagi bangsa dan negara Indonesia.

5. Penutupan

Upacara ditutup dengan lagu-lagu kebangsaan lainnya dan pengibaran bendera selesai.

Melalui peringatan ini, diharapkan seluruh elemen bangsa semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta bersemangat dalam mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Emas 2045. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat