visitaaponce.com

Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT Ke-79 RI Nusantara Baru, Indonesia Maju

Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT Ke-79 RI: Nusantara Baru, Indonesia Maju
Tema dan logo HUT-79 RI(Medcom / Kautsar Widya Prabowo)

ISTANA meluncurkan logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79.  Angka 7 dan angka 9 didominasi warna merah.

"Saya sudah sampaikan secara umum bahwa inilah logo 79 (dengan tema) Nusantara Baru, Indonesia Maju," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (24/6).
Heru lantas membeberkan makna dari logo HUT Ke-79 RI. Bagian atas angka 7 menyerupai paruh buruh garuda

"Melambangkan negara, yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara," ucap dia.

Sedangkan, pada badan angka 7 menyerupai panah ke kanan atas. Hal ini sebagai simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Sementara, arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain. Menurutnya menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

"Bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas," tandas dia.

Berikut filosofi lengkap logo HUT ke-79 RI.

Lambang Negara

Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Pertumbuhan Ekonomi
Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Keberlanjutan
Arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Ekonomi Hijau
Bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Persatuan dan Harapan
Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia, walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Kesetaraan
Dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah mempresentasikan Indonesia untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Elemen grafis terinspirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan. Umumnya sungai memiliki cabang-cabang yang pada akhirnya akan mengarah pada satu muara yang sama.

Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk dan panjang menyerupai ikon sungai terpanjang di Indonesia, tepatnya di Kalimantan, Sungai Kapuas. Memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia menjadi negara yang dinamis.

Elemen grafis yang terdiri dari 4 garis melambangkan 4 pilar yang dinamis yang melambangkan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Sehingga elemen grafis ini mengandung harapan negara akan terus berkembang mengikuti zaman namun tetap berpegang pada nilai luhur. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat