visitaaponce.com

HUT RI Dirayakan di IKN dan Jakarta, Pengamat Tanda IKN belum Siap

HUT RI Dirayakan di IKN dan Jakarta, Pengamat : Tanda IKN belum Siap
Warga berfoto di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sedangkan di upacara HUT ke-79 RI di Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Menanggapi itu, pengajar pada Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia, Reni Suwarso, menyebut adanya upacara di dua tempat semakin memperlihatkan Jokowi sebagai megalomania.

Baca juga : Jokowi akan Rayakan HUT RI Tahun Depan di IKN

“Bukan hanya pemborosan dan IKN belum siap, tetapi semakin memperlihatkan Jokowi memang megalomania,” tegas Reni kepada Media Indonesia, Senin (10/6).

“Segala sesuatu maunya quick win alias instan. Maunya yang terbesar dan terhebat tapi sayangnya didukung dengan utang negara yang semakin menumpuk,” tambahnya.

Seharusnya, kata Reni, pemerintah lebih bijaksana dengan mempertimbangkan waktu, tenaga dan dana yang ada serta masalah-masalah di negeri ini.

Baca juga : Kepala OIKN Mundur, Bahlil Pastikan IKN Tetap Diminati Investor

Reni juga menyebut seharusnya momen HUT RI 79 dijadikan waktu untuk merenungkan mau dibawa ke mana Tanah Air oleh para pemimpin.

Reni menegaskan HUT RI juga harus jadi ajang evaluasi semua pencapaian atau kekuatan termasuk kelemahan program dan kegiatan.

“Kaji ulang semua strategi pembangunan apakah bangsa kita sudah semakin mendekat dengan pembukaan UUD dan Pancasila? dimana keadilan sosial?,” ungkapnya.

Reni mengemukakan adanya dua tempat upacara tidak bermakna jika acaranya seperti pertunjukan tahun lalu di Istana yang dinilai tidak ada perenungan. tidak ada peringatan kepada para pahlawan pejuang revolusi, pejuang pembangunan, dan pejuang keluarga. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat