visitaaponce.com

Jokowi Pertajam Konflik Bila Reshuffle Menteri dari PDIP

Jokowi Pertajam Konflik Bila Reshuffle Menteri dari PDIP
Kader PDIP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dinilai tak akan berani untuk mereshuffle menteri dari PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu bakal mempertajam konflik dengan PDIP.

"Jokowi tampaknya tidak akan berani mereshuffle kader PDIP. Sebab, kalau itu dilakukan, Jokowi sama saja memperluas dan mempertajam konfliknya dengan PDIP," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga di Jakarta, Selasa (18/6). 

Secara politis, lanjut dia, bila upaya merombak kabinet itu tetap dilakukan bakal merugikan Jokowi. Kepala Negara akan semakin dipandang negatif oleh sebagian masyarakat dan membahayakan dirinya di penghujung masa jabatan.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Disebut Bidik Menteri dari PDIP, Genderang Perang Jokowi Makin Keras

"Karena dianggap lupa kacang akan kulitnya. Dengan PDIP, Jokowi akan dinilai sebagai musuh bersama. Hal itu akan membahayakan Jokowi pasca berakhir jabatannya pada 20 Oktober 2024," ucap Jamiluddin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui telah bertemu dengan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung pemerintah pada akhir Mei 2024. Namun, Jokowi tidak mengungkapkan isi pertemuan tersebut. Sementara, isu membicarakan reshuffle juga menguat.

"Ketemu (ketua umum partai politik), tetapi tidak berbicara itu (reshuffle kabinet)," tegas Jokowi kepada di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Juni 2024. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat