visitaaponce.com

KPU Belum Tentukan Waktu Pelantikan Kepala Daerah 2024 Terpilih

KPU Belum Tentukan Waktu Pelantikan Kepala Daerah 2024 Terpilih
PLT Ketua KPU Mochammad Afifudin(MI / Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mengakui saat ini belum menentukan kapan penentuan waktu pelantikan kepala daerah terpilih di pilkada 2024. KPU masih menunggu arahan lanjutan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait hal tersebut.

“Kami sedang berkonsolidasi, diskusi dengan teman-teman Kemendagri. Secara teknis juga nanti akan sangat berkepentingan untuk penentuan di teknis pelantikan dari kepala daerah,” kata Plt Ketua KPU Mochammad Afifuddin di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/7).

Sejauh ini, Afif belum menjelaskan lebih lanjut hasil diskus antara KPU dan Kemendagri terkait penentuan waktu pelantikan kepala daerah terpilih pada pilkada 2024. Dia memastikan penentuan waktu pelantikan itu akan diinformasikan segera kepada publik. ‘

Baca juga : Hasyim Dipecat, KPU Pastikan Pilkada Serentak tidak Terganggu

“Nanti, kelanjutan hasil yang kita diskusikan, kita komunikasikan dengan para pihak akan kita sampaikan,” ucap Afif.

Anggota KPU sekaligus Koordinator Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU August Mellaz menyampaikan waktu pelantikan itu akan menjadi dasar penghitungan soal terpenuhi atau tidaknya batas usia minimum calon kepala daerah dan hal itu bukan menjadi kewenangan KPU.

“Soal batas waktu pelantikan segala macam itu, bukan wilayah KPU. Makanya hari ini, ada koordinasi antara kami, KPU dan Kemendagri,” kata August. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat