visitaaponce.com

Jersey Tangan Tuhan Maradona Terjual Rp128,6 miliar

Jersey Tangan Tuhan Maradona Terjual Rp128,6 miliar
Petugas merapikan jersey yang digunakan Maradona saat mencetak gol 'Tangan Tuhan' di Piala Dunia 1986.(AFP/ADRIAN DENNIS)

JERSEY yang dikenakan Diego Maradona ketika mencetak dua gol terkenal dalam sejarah sepak bola laku terjual seharga 7,14 juta pound sterling (Rp128,6 miliar), Rabu (4/5), yang merupakan rekor lelang baru untuk barang kenang-kenangan olahraga.

Maradona mengenakan kaus nomor 10 timnas Argentina di laga perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris di Meksiko. Enam menit memasuki babak kedua, dia membawa timnya unggul dengan meninju bola ke gawang yang kemudian dikenal dengan gol 'Tangan Tuhan'.

Empat menit kemudian, Maradona menggiring bola dari daerah pertahanan sendiri guna mencetak gol yang dianggap sebagai salah satu gol terindah dalam sejarah Piala Dunia.

Baca juga: Jersey Gol Tangan Tuhan Maradona Ditawar Rp74 Miliar

Gelandang Inggris Steve Hodge mendapatkan jersey Maradona itu setelah pertandingan tersebut dan bulan lalu mengumumkan akan melelangnya setelah 19 tahun dipamerkan di National Football Museum di Inggris.

"Kaus bersejarah ini adalah pengingat nyata untuk momen penting itu tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20," kata Brahm Wachter, Head of Streetwear and Modern Collectables di rumah lelang Sotheby's.

Sotheby's mengungkapkan sang pembeli itu anonim.

Lelang itu memecahkan rekor sebelumnya untuk memorabilia olahraga yang dibuat manuskrip tanda tangan asli Manifesto Olimpiade 1892 yang dihargai US$8,8 juta (Rp126 miliar) pada 2019.

Penjualan jersey Maradona diperumit oleh klaim bahwa jersey yang salah akan dijual setelah putri dan mantan istrinya mengatakan Hodge mendapatkan jersey yang dikenakan Maradona itu pada paruh pertama pertandingan tersebut.

Sotheby's mengaku telah menggunakan teknologi pencocokan foto agar 'secara meyakinkan' mencocokkan kaus itu dengan kedua gol Maradona dengan 'memeriksa detail berbagai elemen item, termasuk tambalan, garis, dan penomoran'.

Maradona, yang dianggap sebagai salah seorang pesepak bola terbaik dunia, meninggal dunia pada November 2020 di usia 60 tahun. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat