visitaaponce.com

Ingin Tonton Langsung Piala Dunia 2022 di Qatar, Ini Panduan bagi Penonton

Ingin Tonton Langsung Piala Dunia 2022 di Qatar, Ini Panduan bagi Penonton
Aksi para pendukung kala menonton laga di Stadion Lusail di Doha, Qatar, 9 September 2022 lalu.(AFP/Mustafa ABUMUNES)

PIALA Dunia 2022 di Qatar kurang dari satu bulan lagi bergulir. Banyak pertanyaan muncul, bagaimana aturan yang diberlakukan tuan rumah bagi para pelancong yang hendak datang menonton langaung pesta sepak bola terakbar tersebut?

Berikut ini panduan tentang aturan dan kebiasaan di Qatar untuk para suporter asing:

Cara masuk ke Qatar

Qatar memprediksi sekitar 1 juta orang berkunjung selama Piala Dunia. Hanya pelancong dengan kartu Hayya dan tiket pertandingan yang dapat memasuki negara itu.

Baca juga: Maignan Masih Bertekad Tampil di Piala Dunia 2022

Cara mendapatkan kartu Hayya adalah setelah tiket pertandingan dibeli dan akomodasi dipesan, suporter harus mendaftar secara daring. Kartu Hayya berperan sebagai visa, akses untuk tiket pertandingan, dan akses gratis untuk transportasi serta perawatan medis darurat.

Vaksinasi

Vaksinasi covid-19 tidak wajibkan. Meski begitu, sebelum naik pesawat ke Qatar, penumpang dewasa harus memiliki tes PCR negatif kurang dari 48 jam atau tes antigen cepat dalam waktu 24 jam. Orang dewasa harus mengunduh aplikasi kesehatan Ehteraz dan menunjukkannya ke petugas.

Siapa pun yang dinyatakan positif covid-19 harus mengisolasi diri selama lima hari. Masker wajib di fasilitas kesehatan namun di stadion sifatnya hanya direkomendasikan.

Transportasi

Pihak berwenang Qatar memeringatkan ancaman kemacetan terjadi pada dua minggu pertama Piala Dunia ketika jumlah suporter mencapai puncaknya. Mereka diimbau untuk menggunakan transportasi umum dan taksi.

Jaringan kereta bawah tanah, yang memiliki stasiun di lima dari delapan stadion, akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga 03.00 setiap hari waktu setempat, kecuali Jumat dibuka pukul 9.00. 

Lebih dari 3.000 bus tambahan didatangkan untuk membawa penggemar ke stadion, zona penggemar, dan dua bandara internasional.

Jalan raya utama Corniche pinggir laut akan ditutup dan jalan-jalan lain dibatasi. Mengemudi di jalan terbatas tanpa izin dapat menyebabkan denda 500 riyal (Rp2 juta).

Minuman beralkohol

Alkohol sangat dibatasi terutama hanya untuk orang asing berusia di atas 21 tahun. Penumpang pesawat tidak boleh membawa alkohol ke sana. Puluhan hotel dan restoran diperbolehkan menjualnya.

Namun, tidak ada minuman beralkohol yang dijual di delapan stadion di Qatar meski akan ada kedai bir di sekitar venue yang buka hingga 30 menit sebelum pertandingan dan satu jam setelah pertansingan usai. 

Di zona penggemar utama FIFA, kedai bir akan dibuka pada pukul 18.30 waktu setempat. Aturan pembukaan yang berbeda akan berlaku di zona penggemar lainnya.

Narkotika di Qatar merupakan hal ilegal dan bisa berakibat penjara hingga denda atau deportasi.

Pelancong bahkan perlu lebih dulu memeriksa legalitas beberapa obat yang mungkin mereka bawa ke Qatar dan memastikan mereka membawa resep. Pelancong juga dianjurkan tidak menbawa daging babi dan produk apa pun yang dapat ditafsirkan sebagai pornografi.

Norma susila

Mengenakan kerudung tidak wajib untuk perempuan tetapi mereka harus berpakaian sopan di depan umum menutupi tubuh dari bahu sampai lutut. Aturan itu diterapkan di gedung-gedung resmi tetapi longgar di tempat-tempat berkumpulnya ekspatriat.

Otoritas setempat mengindikasikan beberapa kelonggaran namun tindakan asusila di depan umum dapat dianggap pelanggaran.

Seks di luar nikah merupakan hal ilegal dan dapat dihukum dengan cambuk meskipun tidak ada catatan kapan sanksi itu terakhir kali digunakan.

Terlepas dari undang-undang yang mengkriminalisasi homoseksual, di laman daring kartu Hayya mengatakan tidak ada batasan pada teman yang tidak menikah dari jenis kelamin atau pasangan yang berbeda (termasuk LGBTQ+) untuk tinggal di kamar yang sama.

FIFA mengatakan membawa bendera pelangi LGBTQ akan diizinkan di stadion. Namun, pihak berwenang mengatakan penggemar harus berhati-hati di area lain jika membawa bendera tersebut. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat