visitaaponce.com

Shin Tae-yong Meski Kalah, Mental Tim U-20 Indonesia Meningkat

Shin Tae-yong: Meski Kalah, Mental Tim U-20 Indonesia Meningkat
Potret timnas U-20 Indonesia saat saling memberi semangat.(MI/Briyanbodo Hendro)

PELATIH timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi perjuangan para pemain saat melawan Slovakia U-20 dalam pertandingan uji coba di Pinatar Arena, Spanyol, pada Sabtu (19/11) malam WIB. 

Meski kalah 1-2, mental skuad Garuda Nusantara dinilai meningkat dalam laga tersebut. Garuda Nusantara sempat unggul terlebih dahulu lewat Rafael Struick.

Akan tetapi, Slovakia berbalik unggul lewat penalti Timotei Jambor dan gol bunuh diri Kakang Rudianto. Shin menyebut Marselino Ferdinan dkk berani untuk memainkan bola saat melawan Slovakia.

Baca juga: Kalah Lagi, Indonesia Dipecundangi Tim Slovakia U-20

"Kalau dilihat hasilnya saja, kita memang kalah. Para pemain sudah bekerja maksimal dan bermain baik di lapangan," tutur Shin dalam keterangannya, Sabtu (19/11).

Sebelumnya, Shin mengkritik mental pemain saat melawan timnas U-20 Prancis. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai mental pemain turun, bahkan saat sebelum pertandingan dimulai melawan tim kuat, seperti Prancis.

"Tapi ada peningkatan dari tim saat melawan tim Eropa, kepercayaan diri meningkat," imbuhnya.

Menurutnya, skuad Garuda Nusantara berani menekan sejak awal pertandingan. Rafel Struick mencatatkan namanya di papan skor, setelah memanfaatkan umpan Dzaki Asraf di menit ke-27. 

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk tim U-20 Indonesia tetap bertahan. Slovakia bermain lebih agresif untuk mendapatkan gol di babak kedua. 

Baca juga: Timnas U-20 Indonesia Digunduli Prancis

Akhirnya, Slovakia mampu menyamakan kedudukan lewat penalti lewat Timotej Jambor di menit ke-82 dari titik putih. Slovakia kemudian berhasil berbalik unggul pada menit ke-84. 

Berawal dari tusukan Damian Kachut ke kotak penalti, kiper Cahya Supriadi berhasil menangkis. Namun, bola rebound malah terkena Kakang Rudianto, sehingga skor berubah jadi 1-2 untuk Slovakia.

Ini merupakan kekalahan kedua dari dua laga timnas U-20 Indonesia selama menggelar pemusatan latihan di Spanyol. Sebelumnya, Garuda Nusantara kalah telak dari Prancis dengan skor 0-6.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat