visitaaponce.com

Rudi Voeller Jadi Direktur Timnas Jerman

Rudi Voeller Jadi Direktur Timnas Jerman
Mantan pemain dan pelatih timnas Jerman Rudi Voeller ditunjuk sebagai direktur tim Panser.(AFP/INA FASSBENDER)

MANTAN pemain timnas Jerman Rudi Voeller ditunjuk sebagai direktur tim Panser. Hal itu dikatakan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) seperti dikutip AFP, Jumat (20/1).

Penunjukan ini dilakukan setelah Jerman gagal di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tugas Voeller adalah meletakkan fondasi bagi keberhasilan Jerman di Piala Eropa 2024 yang akan dituanrumahi Jerman, kata DFB.

Baca juga: Oliver Bierhoff Mundur Lebih Awal dari Posisi Direktur Timnas Jerman

Juara dunia empat kali itu tersingkir di fase grup Piala Dunia untuk kedua kali berturut-turut sehingga menyebabkan direktur timnas Oliver Bierhoff mundur, Desember lalu.

Voeller akan mengisi posisi yang ditinggalkan Bierhoff itu pada 1 Februari. Penunjukkan dia didasarkan atas saran gugus tugas yang dibentuk DFB pada Desember yang di dalamnya juga terdapat Voeller.

"Pada diri Rudi Voeller, kami telah menemukan orang yang ideal untuk 20 bulan ke depan," kata presiden DFB Bernd Neuendorf.

Mantan striker produktif yang kemudian menjadi pelatih itu menikmati status kultus di Jerman. Dia mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan timnas Jerman Barat dan Jerman, yang delapan di antaranya terjadi di ajang Piala Dunia.

Voeller mengangkat trofi Piala Dunia bersama Jerman pada 1990 setelah memenangkan adu penalti saat timnya menang 1-0 atas Argentina.

Dia kemudian melatih timnas sampai membawa mereka ke final Piala Dunia 2002 sebelum menyerah 0-2 dari Brasil.

Voeller juga bekerja sebagai direktur olahraga saat membantu membangun Bayer Leverkusen sebagai salah satu klub terbesar di negara itu selama dua masa jabatannya. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat