visitaaponce.com

Casey Phair Jadi Pemain Termuda di Piala Dunia Putri

Casey Phair Jadi Pemain Termuda di Piala Dunia Putri
Penyerang timnas Korsel Casey Phair(Yonhap)

CASEY Phair, Selasa (25/7), menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Dunia Putri setelah masuk sebagai pemain pengganti saat Korea Selatan (Korsel) kalah 0-2 dari Kolombia. Phair tampil di usia 16 tahun dan 26 hari.

Penyerang itu lahir di Amerika Serikat (AS) dan sempat memperkuat timnas AS di tingkat junior. Namun, kini, dia melakukan debutnya untuk timnas Korsel.

Phair masuk di menit 78 dalam laga di Sydney, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang pemain Nigeria Ifeanyi Chiejine, yang berusia 16 tahun dan 34 hari kala tampil di Piala Dunia Putri 1999.

Baca juga: Timnas Wanita Inggris Kesampingkan Masalah Bonus untuk Fokus di Laga Perdana

Phair, yang lahir dari ayah warga AS dan ibu Korsel, merupakan pemain blasteran pertama yang tampil di timnas senior putri Korsel.

Pelatih timnas putri Korsel Colin Bell menyebut Phair sebagai masa depan timnya setelah timnya hanya mampu melepaskan lima tendangan saat kalah dari Kolombia.

"Dia layak dapat kesempatan bermain karena dia telah berlatih dengan baik dan memiliki kualitas yang sama dengan pemain lain," ujar Bell.

Baca juga: Di tengah Duka Penembakan, Selandia Baru Cetak Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023

"Dia juga merupakan masa depan timnas. Hal itu karena kami butuh pemain yang kuat dan cepat," lanjut pelatih berusia 61 tahun itu.

Bell, yang sebelum laga mengatakan tidak ingin memberikan tekanan terlalu besar bagi Phair mengatakan dirinya kemungkinan akan memberi lebih banyak kesempatan kepada pemain remaja itu dalam laga berikutnya melawan tim debutan Maroko.

"Dia memberi kami energi dan kekuatan. Itu merupakan hal yang kami butuhkan. Saya harapkan semua pemain meningkatkan penampilan mereka," kata Bell. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat