visitaaponce.com

Mancini Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Arab Saudi

Mancini Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Arab Saudi
Pelatih anyar timnas Arab Saudi Roberto Mancini.(AFP/Ina Fassbender)

ROBERTO Mancini, Minggu (27/8), ditunjuk sebagai pelatih timnas Arab Saudi dengan kontrak bernilai lebih dari US$25 juta per tahun setelah dia meninggalkan timnas Italia, awal bulan ini.

Arab Saudi, yang mengalahkan Argentina, yang akhirnya menjadi juara, di Piala Dunia 2022, sudah tidak memiliki pelatih sejak Herve Renard hengkang untuk menukangi timnas putri Prancis.

Mancini, 58, memimpin Italia menjadi juara Piala Eropa 2020 namun gagal membawa Azzurri lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca juga : Menghilang Saat Adu Penalti, Roberto Mancini Minta Maaf

"Saya merasa sangat terhormat ditawari menjadi pelatih timnas Arab Saudi," ujar Mancini yang meneken kontrak selama 4 tahun.

"Saya percaya ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk mengalami sepak bola di negara baru, terutama dengan berkembangnya popularitas sepak bola di Asia," lanjutnya.

Mancini kemudian menambahkan, "Keberadaan para pemain top di Liga Arab Saudi menunjukkan potensi perkembangan sepak bola nasional."

Baca juga : Menang Adu Penalti Atas Arab Saudi, Korsel Melaju ke Perempat Final Piala Asia

Arab Saudi, pengekspor minyak mentah terbesar di dunia, menarik perhatian dengan mendatangkan sejumlah nama besar ke Liga Arab Saudi.

Penyerang Brasil Neymar merupakan nama besar teranyar yang tertarik dengan bayaran ebsar yang ditawarkan klub Arab Saudi yang diawali dengan bergabungnya Cristiano Ronaldo ke Al Nassr, Januari lalu.

Mengejutkan

Pengunduran diri Mancini dari timnas Italia sangat mengejutkan karena sebelumnya dia juga diberi tugas untuk menukangi timnas U-21 dan U-20.

Baca juga : Mancini Optimistis Arab Saudi Bisa Capai Level Negara-Negara Eropa

Mancini dikritik keras atas keputusannya itu terutama setelah muncul laporan mundur karena sedang didekati Arab Saudi yang mengiming-imingi bayaran besar. Kala itu, Mancini membatah hal itu sebagai alasan pengunduran dirinya dari timnas Italia.

Mancini, yang posisinya sebagai pelatih timnas Italia digantikan oleh mantan pelatih Napoli Luciano Spalletti, menjalani masa yang bergelombang selama lima tahun menukangi Azzurri, yang tertinggi dengan menjadi juara Piala Eropa 2020.

Timnas Italia kemudian gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai kalah di babak playoff dari Makedonia Utara, kali kedua Azzurri tidak tampil di pesta sepak bola terbesar sejagat itu.

Mancini memenangkan gelar Serie A 1991 dan empat Coppa Italia bersama Sampdoria. Dia kemudian menjadi pelatih dan meraih tiga scudetto bersama Inter Milan. Dia kemudian memenangkan gelar Liga Primer Inggris bersama Manchester City pada 2012. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat