visitaaponce.com

Spalletti Ditunjuk Tukangi Timnas Italia

Spalletti Ditunjuk Tukangi Timnas Italia
Luciano Spalletti kala masih menukangi Napoli(AFP/GABRIEL BOUYS)

LUCIANO Spalletti, yang mengantarkan Napoli menjadi juara Serie A, musim lalu, telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia. Hal itu diumumkan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Jumat (18/8).

Spalletti menggantikan posisi Roberto Mancini, yang mengundurkan diri secara mendadak, Minggu (13/8), setelah menukangi Azzurri selama 5 tahun.

Spalletti mengakhiri penantian 33 Napoli untuk menjadi juara Serie A pada musim lalu sebelum kemudian mengundurkan diri.

Baca juga : Italia vs Ekuador, Azzurri Menang, Luciano Spalletti Puas

FIGC, dalam pernyataan resmi, mengatakan mereka telah mencapai kata sepakat dengan Luciano Spalletti untuk menukangi timnas Italia mulai 1 September mendatang.

"Mari kita ucapkan selamat datang kepada Spalletti," ujar Presiden FIGC Gabriele Gravina. "Timnas butuh pelatih hebat dan saya senang mengatakan dia telah menerima tawaran menukangi Azzurri."

"Antusiasmenya dan keahliannya akan menjadi dasar untuk mengatasi tantangan yang akan dihadapi Italia dalam beberapa bulan ke depan," lanjutnya.

Baca juga : Timnas Italia Panggil Tiga Pemain Debutan untuk Laga Persahabatan

Spalletti akan diperkenalkan secara resmi di pusat latihan timnas di Coverciano, dekat Florence, sebelum laga kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Makedonia Utara dan Ukraina.

Pelatih berusia 64 tahun itu diberi tugas untuk membangkitkan timnas Italia, yang meski sukses menjadi juara Piala Eropa 2021, gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Italia akan bertandang ke Makedonia Utara pada 9 September sebelum kemudian menjamu Ukraina di Milan, tiga hari kemudian.

Azzurri, saat ini, berada di peringkat ketiga Grup C dengan raihan tiga poin usai menang 2-0 atas Malta dan kalah 2-1 dari Inggris, yang memuncaki klasemen dengan raihan 12 poin dari empat laga.

Mancini, yang menukangi timnas Italia sejak mei 2018, mengundurkan diri dengan alasan pribadi. Dia disebut akan menerima tawaran dari klub Arab Saudi. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat