visitaaponce.com

Laga Uji Coba Kedua Jadi Kesempatan Skuad Garuda Jawab Kekhawatiran

Laga Uji Coba Kedua Jadi Kesempatan Skuad Garuda Jawab Kekhawatiran
Pemain Timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Turki(Dok. PSSI)

TIM Nasional Indonesia kembali melakoni laga uji coba melawan Libia untuk pemanasan jelang Piala Asia 2023 di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Jumat (5/1). Uji tanding kedua ini menjadi kesempatan skuad Garuda menjawab keraguan setelah pada pertandingan pertama takluk 0-4.

Pelatih timnas Shin Tae-yong menjanjikan laga kedua akan berbeda karena sebelumnya hanya untuk melihat perkembangan fisik pemain.

Shin menjamin timnas bakal lebih serius. Berbeda dengan laga pertama, laga kedua akan berstatus pertandingan yang masuk penghitungan poin FIFA.

Baca juga : Kembali Kalah dari Libia, Timas Mesti Optimalkan Uji Coba Terakhir Kontra Iran

"Di laga kemarin saya tidak melihat hasil akhir skor namun lebih kepada mengecek kondisi pemain. Sebab sejak TC Turki kami terus menggenjot fisik pemain. Mungkin fans kecewa dengan hasilnya namun percayalah tim terus mengalami perkembangan yang positif," kata juru taktik asal Korea Selatan itu.

Pada pertandingan pertama, lini belakang timnas menjadi sorotan karena melakukan blunder yang berujung kebobolan. Amunisi pemain naturalisasi baru seperti Justin Hubner diharapkan bisa cepat beradaptasi dengan posisinya dalam tim dan skema yang diterapkan pelatih Shin.

Shin Tae-yong sudah resmi memilih 26 pemain yang akan dia bawa untuk ke Qatar. Nama-nama tersebut sudah dirilis AFC beserta negara-negara peserta lainnya. Dari 28 nama yang dibawa untuk pemusatan latihan di Turki, dua pemain dicoret. Keduanya yakni Adam Alis (Borneo FC) dan Arkhan Fikri (Arema FC).

Baca juga : Shin Tae-Yong Resmi Pilih 26 Pemain untuk Piala Asia 2023, Siapa Saja?

Di lini belakang, Elkan Baggott baru saja bergabung TC dengan rekan-rekan satu timnya di Turki. Elkan termasuk salah satu pemain yang kerap dijadikan starter oleh Shin.

"Kita masih punya beberapa laga uji coba lagi, jadi kami saat ini bersiap-siap untuk menghadapi semuanya dengan memanfaatkan waktu yang ada sebelum turnamen dimulai," kata pemain Ipswich Town itu.

"Rekan-rekan yang lain juga dalam kondisi fit, saya siap untuk Piala Asia nanti," imbuh Elkan.

Baca juga : Dua Kekalahan dari Libia Paksa Skuad Garuda Berbenah Jelang Piala Asia 2023

Untuk laga kedua Shin kemungkinan besar menurunkan starter terbaik yang biasa diturunkannya karena sudah masuk hitungan poin FIFA. Jika pun ada perubahan diperkirakan minor.

Laga nanti akan masuk kategori tier 1 karena digelar di luar kalender FIFA. Poin yang didapat termasuk kecil. Andai menang, Indonesia akan meraih 2,93 poin. Adapun jika imbang Indonesia mendapat 0,43 poin dan jika kalah kehilangan 2,07 poin.

Setelah dua kali uji coba melawan Libia, skuad Garuda akan menjalani satu laga lagi melawan Iran di Qatar pada 9 Januari pekan depan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat