visitaaponce.com

Polandia Vs Estonia Misi Lewandowski Antarkan Polandia ke Euro 2024

Polandia Vs Estonia: Misi Lewandowski Antarkan Polandia ke Euro 2024
Robert Lewandowski(AFP)

DUA belas tim bersaing di babak playoff untuk memperebutkan tiga tempat terakhir Euro 2024. Polandia bersama bintangnya Robert Lewandowski mengincar tiket untuk tampil di Piala Eropa kelima berturut-turut.

Pada playoff Path A, Polandia menjamu Estonia di Stadion Warsawa, Jumat (22/3) dini hari. Jika menang dan lolos, Lewandowski dan kawan-kawan akan berhadapan dengan pemenang laga antara Wales kontra Finlandia di grup yang sama.

Wales asuhan pelatih Rob Page bakal mengandalkan keunggulan sebagai tuan rumah melawan Finlandia setelah kehilangan Gareth Bale yang pensiun sejak Piala Dunia 2022.

Baca juga : Ditahan Imbang Moldova, Polandia Gagal ke Piala Eropa 2024

Mantan gelandang Arsenal Aaron Ramsey juga diragukan tampil karena cedera. Wales punya bekal bagis hanya kalah satu kali dalam 14 pertandingan kualifikasi Euro terakhir mereka di kandang.

Andai lolos, tim pemenang di Path A sudah ditunggu di putaran final Euro pada Grup D yang dihuni Perancis, Belanda dan Austria.

Di Path B, Israel mengincar sejarah untuk lolos ke Euro pertama kali. Israel menjadi anggota badan sepak bola Eropa UEFA 20 tahun yang lalu namun belum pernah mencapai kompetisi Benua Biru tersebut

Baca juga : Lewandowski Kecewa Polandia Tersingkir dari Piala Eropa

Perang antara Israel dan Hamas memaksa tidak adanya pertandingan internasional di Israel dalam waktu dekat karena masalah keamanan. Semifinal di Path B antara Israel melawan Islandia akan dimainkan di ibu kota Hongaria, Budapest. Pemenangnya akan menghadapi lawan antara Bosnia dan Herzegovina melawan Ukraina.

Israel dalam posisi yang kuat namun kini mengendur. Sekembalinya mereka beraksi pada November lalu, Israel menderita kekalahan mengejutkan 0-1 dari Kosovo dan kemudian gagal memenangi pertandingan kualifikasi melawan Rumania dan Swiss.

"(Ini) lebih penting bagi kami bahwa kami bisa bangga dengan negara kami dan memberikan kebahagiaan untuk mengubah atmosfer," kata pelatih Israel Alon Hazan.

Baca juga : Ini Kunci Keberhasilan Polandia Tahan Spanyol, Menurut Lewandowski

"Ini lebih penting daripada menjadi bagian dari turnamen," imbuhnya.

Israel menghadapi seruan boikot untuk tampil di sepak bola internasional dari sekelompok asosiasi sepak bola di Timur Tengah termasuk tuan rumah Piala Dunia 2034 Arab Saudi. UEFA dilaporkan akan bersiap menghadapi protes dan melakukan tindakan keamanan ekstra jika Israel lolos.

Israel diunggulkan untuk bisa melewati Islandia namun bakal menghadapi ujian yang jauh lebih berat jika Ukraina menjadi lawan berikutnya.

Baca juga : Matikan Pergerakan Lewandowski jadi Kunci Kemenangan Slowakia

Setelah nyaris tersingkir di Piala Dunia 2022, skuad yang berisi pemain-pemain seperti Andriy Lunin dari Real Madrid, kapten Oleksandr Zinchenko dari Arsenal, dan pemain sayap Chelsea Mykhailo Mudryk amat ingin menebusnya lolos ke Euro. Siapa pun yang lolos dari playoff Path B akan menghadapi Belgia, Rumania, dan Slovakia di Grup E Euro 2024.

Pada babak playoff Path C, juara edisi 2004 Yunani difavoritkan untuk lolos. Pasalnya, mereka menghadapi lawan enteng yakni Kazakhstan. Namun, Yunani wajib waspada karena sang lawan sempat mengejutkan Denmark dan Finlandia di kualifikasi.

Masih di Path C, Georgia yang memiliki pemain Napoli Khvicha Kvaratskhelia akan menghadapi Luksemburg. Jika lolos, pemenang dari Path C sudah ditunggu di Grup F yang dihuni Portugal, Turki, dan Republik Ceko. (AFP/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat