visitaaponce.com

Timnas Indonesia tak Lagi Inferior Hadapi Tim Besar Asia

Timnas Indonesia tak Lagi Inferior Hadapi Tim Besar Asia
Tim U-23 Indonesia bertanding melawan Tim U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024(Dok.PSSI)

KEBERHASILAN tim U-23 Indonesia lolos ke babak empat besar Piala Asia U-23 2024 dinilai menjadi kemajuan signifikan. Indonesia kini tidak lagi inferior di hadapan tim-tim besar Asia.

"Timnas Indonesia U-23 membuat kita semua bangga. Penampilan mereka di Piala Asia U-23 telah membuat mata publik sepak bola Asia, bahkan mungkin dunia, berpaling ke negeri kita," kata pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni ketika dihubungi, Sabtu (27/4).

Indonesia lolos ke semifinal setelah perjuangan melalui adu penalti 11-10 melawan favorit juara Korea Selatan.

Baca juga : Pengamat: Kans Tim U-23 Indonesia ke Olimpiade Terbuka Lebar

Menurut komentator yang akrab disapa Bung Kus itu, torehan Garuda Muda menembus semifinal bukan lagi soal sejarah lolos pertama kalinya ke fase gugur bahkan semifinal.

Tim-tim besar seperti Australia dan Korea Selatan berhasil dilewati Indonesia. Laga demi laga level dan kepercayaan diri yang ditunjukkan Rizky Ridho dan kawan-kawan meningkat. Kusnaeni menilai Indonesia tak terlihat seperti lazimnya debutan di ajang tersebut.

"Yang lebih membanggakan adalah bagaimana mereka tampil. Sebagai tim debutan di Piala Asia, Indonesia U-23 tampil seperti tim yang telah bertahun-tahun main di level tersebut," kata Kusnaeni.

Baca juga : Pilih Melbourne atau Montreal

"Mereka bermain berani, tenang, dan percaya diri. Puncak kepercayaan diri dan ketenangan itu dibuktikan dalam adu penalti yang 'gila' saat menghadapi Korea Selatan," imbuhnya.

Kusnaeni menilai Indonesia U-23 tak mungkin mengalahkan Korea Selatan jika mental mereka tak cukup kuat. Pasalnya, pertandingan yang dilalui terlalu menguras fisik, energi, dan emosi pemain.

"Penentunya kemudian tinggal soal mental. Di situlah anak-anak Indonesia menunjukkan kualitas mental bertanding mereka," kata Kusnaeni.

Baca juga : Ernando Ari Tegaskan Tekad Bawa Timnas Indonesia Jadi Juara Piala Asia U-23

"Ujian dan tempaan selama bertahun-tahun di berbagai event membuat tim ini berkembang pesat. Setidaknya, mereka kini tidak lagi inferior saat menghadapi tim-tim raksasa Asia," tukasnya.

Pada laga semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan pada Senin (29/4) malam. Jika menang, Indonesia tak hanya berhak ke final tapi juga akan menggaransi tiket Olimpiade Paris 2024.

Di Piala Asia U-23 ini, posisi juara, runner-up, dan peringkat tiga otomatis mendapatkan tiket ke Olimpiade. Adapun tim peringkat empat akan melalui laga playoff melawan dengan wakil Afrika, Guinea. (Dhk/Z-7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat