visitaaponce.com

Pengamat Kans Tim U-23 Indonesia ke Olimpiade Terbuka Lebar

Pengamat: Kans Tim U-23 Indonesia ke Olimpiade Terbuka Lebar
Tim Indonesia U-23 saat bertanding melawan Tim U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024(Dok.PSSI)

TIM U-23 Indonesia menyemai impian untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024 usai memastikan lolos ke empat besar Piala Asia U-23 2024. Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo yakin peluang Garuda Muda terbuka lebar.

Ada tiga skenario Indonesia bisa mentas di Olimpiade pada cabor sepak bola. Pertama, jika mampu lolos ke final. Kedua, melalui perebutan tempat ketiga.

Pasalnya, di Piala Asia U-23 ini posisi juara, runner up, dan peringkat tiga otomatis mendapat tiket ke Olimpiade. Jika belum berhasil, masih ada satu peluang terakhir yaitu lewat laga playoff.

Baca juga : Marselino Ferdinan Ingin Cetak Sejarah di Piala Asia U-23

"Peluang untuk merebut tiket sudah terbuka lebar. Ada tiga tiket langsung dari empat yang tersedia. Jika Indonesia lolos ke final dipastikan dapat satu tiket," kata Kesit ketika dihubungi, Jumat (26/4).

"Jika kalah masih ada peluang merebut satu tiket tersisa asal bisa menempati peringkat ketiga. Jika gagal juga masih ada peluang berlaga di playoff lawan Guinea, wakil Afrika," imbuhnya.

Sepanjang sejarah, sepak bola Indonesia baru sekali lolos dan tampil di Olimpiade yakni pada 1956 silam di Melbourne, Australia. Kala itu, langkah Indonesia yang dilatih Tony Pogacknik terhenti di babak perempat final usai kalah dari Uni Soviet.

Baca juga : Shin Tae-yong Beberkan Kunci Kebangkitan Tim U-23 selepas Kekalahan dari Qatar

Di semifinal, lawan yang akan dihadapi Garuda Muda ialah pemenang laga Uzbekistan melawan Arab Saudi. Keduanya merupakan tim kuat dan pernah meraih trofi. Uzbekistan juara edisi 2018 sedangkan Arab Saudi berstatus juara bertahan.

Kesit menilai calon lawan Indonesia pasti tidak akan menganggap remeh karena Garuda Muda sudah mampu melaju jauh meski berstatus debutan. Sebab itu, tim Garuda Muda juga perlu terus melanjutkan semangat pantang menyerah dan kemauan tinggi untuk menang.

"Siapa pun lawan di semifinal nanti pasti berat semua. Uzbekistan maupun Saudi sama-sama kuat. Tapi ketika Indonesia sudah bisa menembus semifinal, siapa pun lawan yang akan dihadapi kini pasti tidak akan memandang remeh Indonesia," ujar Kesit. (Dhk/Z-7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat