visitaaponce.com

Xavi Hernandez Puas FC Barcelona Mampu Comeback Melawan Valencia di La Liga

Xavi Hernandez Puas FC Barcelona Mampu Comeback Melawan Valencia di La Liga
Pelatih FC Barcelona, Xavi Hernandez senang timnya bisa menang melawan Valencia di kandnag sendiri(LLUIS GENE / AFP)

STRIKER Timnas Polandia, Robert Lewandowski mencetak hattrick untuk membawa FC Barcelona meraih kemenangan 4-2 atas Valencia pada lanjutan La Liga, Selasa (30/4).

Kemenangan Blaugrana semalam membuat pesta Real Madrid tertunda. El Real unggul 11 poin dari Barcelona dengan lima pertandingan tersisa.

Dalam pertandingannya, gelandang FC Barcelona, Fermin Lopez membuat tuan rumah unggul sebelum striker Valencia Hugo Duro menyamakan kedudukan dan Pepelu mencetak gol dari titik penalti untuk membalikkan keadaan.

Baca juga : FC Barcelona vs Valencia: Hattrick Robert Lewandowski Selamatkan Blaugrana di La Liga

Bahkan, Kiper Valencia, Giorgi Mamardashvili dikeluarkan dari lapangan di akhir babak pertama karena handball dan Robert Lewandowski menyamakan kedudukan segera setelah turun minum sebelum menambahkan dua gol lagi di akhir babak pertama.

Hujan sepanjang hari di Barcelona yang dilanda kekeringan dan ancaman banjir membuat Stadion Olimpiade setengah kosong dengan kehadiran 30.000 orang.

Jumlah penonton yang sedikit mungkin juga merupakan respons terhadap kekalahan El Clasico akhir pekan lalu yang menjadi karpet merah bagi Real Madrid untuk merebut gelar musim ini.

Baca juga : Syarat FC Barcelona bisa Raih Gelar La Liga 2023/2024, Harus Kalahkan Real Madrid

Mereka yang hadir menikmati pertandingan yang sangat menghibur, dengan pelatih Barca Xavi Hernandez meraih kemenangan di pertandingan pertamanya setelah memutuskan untuk tetap melatih Barca musim depan.

“Saya pikir tim melakukannya dengan baik. Kami kurang tenang tapi saya puas dengan sikap tim,” kata Xavi.

Tim tamu Valencia, yang berada di peringkat kedelapan dan berjuang untuk tampil di kompetisi Eropa musim depan, menciptakan peluang-peluang terbaik di awal pertandingan.

Baca juga : Prediksi Susunan Pemain FC Barcelona vs Granada di La Liga, Sergi Roberto Diistirahatkan

Tendangan Hugo Duro dari jarak dekat berhasil diselamatkan oleh Marc-Andre ter Stegen. Pemain sayap pinjaman Real Madrid, Peter Federico, melepaskan tembakan melebar ketika menerobos ke gawang.

Barcelona memimpin ketika Lopez menyundul umpan silang Raphinha.

Valencia dengan cepat menyamakan kedudukan setelah kesalahan besar yang dilakukan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen, yang berlari keluar kotak penalti untuk mencoba mencegat bola panjang.

Baca juga : FC Barcelona Ingin Antonio Conte Gantikan Xavi Hernandez sebagai Pelatih

Dia sampai di sana lebih dulu tetapi gagal melakukan upaya dink di atas kepala Duro dan striker itu mengendalikan bola dan menahan Ronald Araujo untuk pulang.

Keadaan menjadi lebih buruk bagi Barcelona. Araujo yang secara krusial dikeluarkan dari lapangan saat dikalahkan Paris Saint-Germain di perempat final Liga Champions memberikan penalti dengan menjatuhkan Federico.

Gelandang Valencia Pepelu melepaskan penalti di tengah untuk membawa Los Che unggul.

Pertandingan berbalik arah bagi Barcelona sesaat sebelum turun minum ketika kiper Valencia melakukan kesalahan.

Mamardashvili salah mengontrol bola di tepi kotaknya, memberikannya kepada remaja Lamine Yamal.

Saat pemain muda itu mencoba mengecoh kiper, pemain Georgia itu menyentuh bola dengan tangannya di luar kotak penalti dan, setelah tinjauan VAR, diusir keluar lapangan.

Pengganti Jaume Domenech menyelamatkan tendangan bebas Raphinha, namun tidak mampu menggagalkan gol penyeimbang Barcelona, di awal babak kedua.

Lewandowski menyundul bola dari sepak pojok untuk mengawali comeback Barcelona.

Pertandingan berlangsung dari ujung ke ujung, dengan Domenech melakukan penyelamatan gemilang dari sundulan Araujo dan pemain pengganti Barca Pedri melakukan tantangan terakhir untuk menghentikan serangan Diego Lopez.

Akhirnya, Lewandowski membuat Barcelona kembali unggul dari jarak dekat ketika sundulan Araujo dari tendangan sudut jatuh ke jalurnya.

Pemain internasional Polandia ini menyelesaikan trigolnya pada masa tambahan waktu melalui tendangan bebas yang tepat sasaran, golnya yang ke-16 di liga musim ini.

“Babak pertama, kami tidak punya banyak ruang dalam menyerang, tapi yang paling penting adalah jika Anda kehilangan satu atau dua gol, kami selalu bisa mencetak tiga atau empat gol,” kata Lewandowski.

“Jika kami mencetak banyak gol, itu akan lebih mudah bagi semua orang," imbuh striker asal Polandia itu.

Kemenangan Barcelona membawa mereka unggul dua poin dari tetangganya Girona, yang berada di peringkat ketiga, yang akan mereka kunjungi akhir pekan nanti.

(AFP)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat