visitaaponce.com

Arema FC Lobi Pemkot Blitar untuk Jadikan Stadion Soepriadi Kandang Tim

Arema FC Lobi Pemkot Blitar untuk Jadikan Stadion Soepriadi Kandang Tim
Stadion Soepriadi Blitar.(Dok. Gresik United)

MANAJEMEN tim Arema FC bertemu dengan Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur, untuk melakukan lobi terkait rencana pengajuan penggunaan Stadion Soepriadi di Kota Blitar sebagai kandang tim berjuluk Singo Edan pada kompetisi Liga 1 musim 2024/2025.

Manajer Operasional Arema FC Sudarmaji di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa selain mengajukan audiensi bersama Pemerintah Kota Blitar, manajemen Arema FC juga berkeinginan menguatkan komunikasi dengan Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Blitar.

“Kami sangat ingin berdialog dengan Pemerintah Kota Blitar. Untuk berbincang secara objektif dan aktual, seputar persiapan keinginan kami berkandang di Stadion Soepriadi,” kata Sudarmaji.

Baca juga : Derby Persebaya-Arema Digelar di Stadion PTIK

Sudarmaji menjelaskan, manajemen Arema FC juga sudah menyiapkan skema agar pertandingan berlangsung dengan aman dan lancar. Termasuk laga yang masuk dalam kategori big match akan dilakukan antisipasi lebih.

Menurutnya, Stadion Soepriadi dipilih menjadi pilihan utama karena stadion tersebut telah lolos dalam assessment dari Mabes Polri. Arema FC meyakini bahwa stadion tersebut bisa dipergunakan pada kompetisi Liga 1.

Dipergunakannya stadion tersebut, tentunya setelah mendapatkan masukan dari Askot PSSI Kota Blitar dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru. Arema FC sesungguhnya sudah melihat sejumlah stadion lain, namun pilihan tetap jatuh ke Stadion Soepriadi Blitar.

Baca juga : Malut United Gaet Pemain PSM Makassar Safrudin Tahar

Sejumlah pilihan tersebut, lanjutnya, diantaranya pada stadion yang ada di wilayah Tuban dan Jember. Ia menambahkan, Arema FC juga akan melakukan standarisasi fasilitas di Stadion Soepriadi agar sesuai dengan regulasi kompetisi Liga 1.

“Sebenarnya kami juga sudah mengecek stadion lainnya. Seperti di Tuban dan Jember. Stadion Soepriadi yang sementara ini dapat segera digunakan. Terlebih di sana musim ini tidak dipakai tim Liga 2,” katanya.

Terkait kekhawatiran Wali Kota Blitar terkait trauma adanya kericuhan, ujarnya, Arema FC memiliki langkah antisipasi terkait pertandingan big match seperti halnya saat partai derby. Pertandingan akan dilangsungkan sore hari dan mengurangi kapasitas penonton.

Baca juga : Aksi Bersih Stadion Dukung Timnas Indonesia dengan Semangat Revolusi Mental

“Kalau sekarang kapasitas stadion bisa 15 ribu penonton. Nanti akan kami pakai maksimal dua pertiga saja, tentunya dengan standar pengamanan,” katanya.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan Arema FC juga tidak penuh satu musim berkandang di Kota Blitar. Hal tersebut menyusul peluang untuk kembali ke Stadion Kanjuruhan yang saat ini tengah dilakukan renovasi.

“Kami juga akan menanyakan kepastian selesainya Stadion Kanjuruhan. Sebab untuk musim 2024/2025 nanti, kami akan mendaftarkan dua stadion. Stadion utamanya di Stadion Kanjuruhan, sedang stadion pendamping di Stadion Soepriadi Blitar,” katanya.

Baca juga : Ini Daftar 10 Stadion yang akan Digunakan Selama Piala Eropa 2024

Pascaperistiwa Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022, Arema FC berkandang di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Setelah Tragedi Kanjuruhan, Arema FC juga sempat membuka opsi untuk berkandang di Stadion Gajayana, Kota Malang.

Pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024, Arema FC finis di urutan ke-15 dengan mengantongi 38 poin. Dalam perjalanan pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024, Arema FC sempat rutin menjadi penghuni zona degradasi.

(Ant/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat