visitaaponce.com

Timnas Prancis Butuh Kylian Mbappe untuk Bisa Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Timnas Prancis Butuh Kylian Mbappe untuk Bisa Lolos ke 16 Besar Euro 2024
Penyerang Prancis #10 Kylian Mbappe duduk di foto setelah cedera selama pertandingan sepak bola Grup D UEFA Euro 2024 antara Austria dan Pra(FRANCK FIFE / AFP)

TIMNAS Prancis membutuhkan poin untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Euro 2024. Menghadapi Polandia pada laga terakhir Grup D di Signal Iduna Park, Selasa (25/6) malam pukul 23.00 WIB, Les Bleus wajib mengamankan tiga poin dan produktifitas gol yang banyak demi keluar sebagai juara grup.

Skuad asuhan Didier Deschamps sementara ini di peringkat dua klasemen Grup D di bawah Belanda. Meski sama-sama mengemas empat poin, Les Bleus kalah jumlah gol. Sementara itu, di waktu yang sama Belanda akan menghadapi duel melawan Austria.

Dari dua laga yang dilakoni, Prancis hanya mampu memasukkan satu gol. Itu pun merupakan gol bunuh diri bek Austria Maxmimilian Woeber. Tak ayal, lini depan skuad Didier Deschamps sejauh ini dinilai majal.

Baca juga : Duel Belanda vs Prancis Berakhir Imbang Tanpa Gol

Prancis perlu menemukan kembali sentuhan mencetak gol mereka. Les Bleus pun berharap Kylian Mbappe bisa kembali tampil setelah mengalami insiden patah hidung. Pemain anyar Real Madrid itu absen ketika laga kedua melawan Belanda yang berakhir imbang tanpa gol.

"Saya rasa semua orang tahu dia (Mbappe) sangat bersemangat untuk bermain di pertandingan berikutnya," kata gelandang Prancis Aurelien Tchouameni dikutip Eurosport.

Mbappe sempat melakukan pemanasan ketika laga melawan Belanda namun masih berisiko sehingga dia tetap berada di bangku cadangan sepanjang pertandingan.

Baca juga : Griezmann Imbau Prancis Harus Terbiasa tanpa Mbappe

Namun, pemain berusia 25 tahun itu kemudian bermain di pertandingan latihan melawan tim U-21 Paderborn mengenakan topeng pelindung.

"Soal masker, menurut saya dia mulai terbiasa. Tentu saja dia lebih memilih untuk tidak memakainya, tapi menurut saya kalau ditanya ke dokter dia akan bilang tidak ada pilihan," ujar Tchouameni.

"Tetapi itu tidak akan mengubah apa pun baginya. Kami tahu bahwa ketika dia berada di lapangan, dia akan membawa banyak hal bagi tim," imbuhnya.

Baca juga : Belanda Optimis Bisa Menang dari Prancis di Euro 2024, Ronald Koeman: Kami di Level Jerman

Prancis sejatinya memiliki sejumlah opsi di lini serang seperti Marcus Thuram, Ousmane Dembele, hingga Antoine Griezmann namun ketergantungan terhadap Mbappe amat besar.

Thuram, yang tampil memimpin lini depan Prancis ketika melawan Belanda, hanya mencetak dua gol dalam 22 penampilan untuk negaranya sejauh ini.

Griezmann hanya mencetak dua gol dalam 30 pertandingan terakhirnya. Dembele hanya mencetak satu gol untuk Prancis dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga : Euro 2024: Presiden Federasi Prancis Ungkap Situasi Mbappe Menunggu Keputusan Dokter

Kingsley Coman juga masih berjuang mengembalikan kebugarannya setelah absen di akhir musim bersama Bayern Muenchen karena cedera.

Sang pelatih, Didier Deschamps pun menyadari betul skuadnya harus lebih tajam ketika di depan gawang. Dia meminta skuadnya efektif dalam menyelesaikan oeluang yang pada dua laga sebelumnya kerap terbuang.

"Yang jelas, untuk memenangi pertandingan Anda perlu mencetak gol. Kami akan mempertimbangkan hal itu dan berharap bisa meningkatkan performa pada pertandingan berikutnya sehingga kami dapat mencapai tujuan kami untuk lolos ke babak berikutnya," ujar Deschamps dilansir UEFA.

Sementara itu, Polandia akan tampil lepas karena sudah dipastikan tersingkir. Pelatih Michal Probierz akan melakukan perubahan dari gaya permainan dengan pendekatan yang lebih menyerang seperti ketika melawan Belanda.

Polandia akan memanfaatkan pertandingan terakhir sebagai ajang eksperimen. Mereka bertekad memberikan yang terbaik saat melawan Les Bleus dengan permainan yang lebih agresif.

Meski begitu, bukan perkara mudah karena Polandia belum pernah mengalahkan Prancis dalam delapan pertandingan terakhir.

"Kami mungkin bisa bermain lebih agresif melawan Prancis dan ini merupakan peluang kami untuk mengembangkan tim,” kata Probierz. (Dhk)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat