visitaaponce.com

Apple Rilis Ios 16.4.1 untuk Hilangkan Bug

Apple Rilis Ios 16.4.1 untuk Hilangkan Bug
Logo Apple di sebuah Toko Apple di Shanghai, Tiongkok.(AFP/HECTOR RETAMAL)

APPLE merilis Ios 16.4.1 pada Jumat (7/4). Pembaruan itu bertujuan untuk memperbaiki sejumlah permasalahan termasuk masalah yang mencegah pengguna menggunakan emoji tangan dalam variasi warna kulit berbeda.

Sebelumnya sudah beredar rumor menyebut Apple akan merilis Ios 16.4.1 pada pekan ini atau pekan mendatang. Update minor itu diperkirakan dikembangkan Apple untuk menghilangkan sejumlah bug di Ios.

Setelah resmi dirilis, update anyar dimaksudkan juga untuk memperbaiki permasalahan yang mencegah asisten digital Siri memberikan respon dalam sejumlah kasus. Selain itu, Ios 16.4.1 juga ditujukan untuk memperbaiki sejumlah kerentanan keamanan serius.

Baca juga: Pembaruan WhatsApp di iOS, Bisa Multitugas Saat Panggilan Video

Apple menyebut pihaknya menyadari laporan yang menyebut bahwa dua kerentanan secara aktif tereksploitasi. Salah satu kerentanan ini terkait dengan bug yang berdampak pada Iosurfaceaccelerator.

Bug ini berpotensi memungkinkan penyerang mengeksekusi kode atau menjalankan perintah pada perangkat target tanpa sepengetahuan pengguna. Perbaikan bug kedua memperbaiki celah pada mesin peramban Apple WebKit.

Celah ini berpotensi memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi perintah di ponsel. Update Ios 16.4.1 ini tidak menyebutkan bug yang berdampak pada aplikasi dan widget cuaca bawaan Ios.

Situs System Status Apple menampilkan bahwa aplikasi cuaca berfungsi dengan baik saat ini meski terdapat sejumlah keluhan dari pengguna Iphone. Mereka mengeluh bahwa aplikasi dan widget cuaca Ios tidak menampilkan data apapun.

Baca juga: iPhone 14 Kuning Resmi Masuk Indonesia

Permasalahan ini dapat diperbaiki Apple tanpa mengharuskan perusahaan untuk membenamkan perbaikan di Ios 16.4.1. Update dari sisi server mungkin bisa digulirkan oleh perusahaan teknologi raksasa ini.

Untuk menginstal Ios 16.4.1 di Iphone, pengguna perlu mengakses Settings, lalu General, dan Software Update. Apple juga telah menggulirkan versi Beta pertama untuk Ios 16.5, memungkinkan Siri untuk merekam layar Iphone saat diminta.

Dengan Ios 16.5, pengguna akan dapat merekam layar dengan mengaktifkan Siri dan memberikan perintah 'Hey Siri, record my screen' atau 'Hey Siri, record screen'. Perekaman layar akan dimulai tanpa perhitungan mundur.

Untuk menghentikan perekaman layar, pengguna hanya perlu memberikan perintah kepada Siri untuk melakukannya. Ios 16.5 Beta juga hadir dengan tab olahraga pada aplikasi Apple News+, dan update sistem operasi ini diperkirakan akan dirilis pada bulan depan. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat