visitaaponce.com

Apple Optimis iPhone 15 akan Jadi Konsol Game Terbaik di Dunia

Apple Optimis iPhone 15 akan Jadi Konsol Game Terbaik di Dunia
iPhone 15 yang baru saja dirilis Apple dan disebut dapat jadi konsol game terbaik.(AFP)

RAKSASA teknologi Apple menjagokan smartphone keluaran terbaru iPhone 15 Pro sebagai konsol game terbaik di dunia. Kemampuan chip baru A17 Pro di iPhone 15 Pro disebut memiliki kemampuan dalam mengolah grafis yang menunjang performa bermain game.

Dilansir dari 9to5Mac, chip A17 Pro ini dijanjikan mempunyai peningkatan besar di sektor performa GPU, yang punya 6 core dan meningkatkan performa sebesar 20% lebih tinggi dibanding chip pendahulunya. Performa yang meningkat ini juga dibarengi efisiensi daya. 

VP of Platform Architecture Apple Tim Millet saat wawancara dengan IGN menyebut iPhone 15 Pro bakal jadi konsol game terbaik. Namun, Millet memastikan tujuannya bukan untuk bersaing langsung dengan konsol seperti PS5 ataupun Xbox Series S. Apple lebih berfokus dalam membangun platform dan alat yang bakal menarik bagi pengembang atau developer game.

Baca juga: Apple Watch 9 Dirilis, Ini Fitur-Fitur Barunya

"Saya pikir kami fokus pada pengembang dan judul game. Bukan mencoba berkompetisi dengan konsol. Saya pikir konsol hanyalah cara yang nyaman bagi kita untuk membicarakan game klasik dan jenis game dari pengembang yang kami incar, yaitu pengembang yang sudah sukses menggarapnya di sana," kata Millet, dilansir dari IGN, Senin (18/9).

"Kami sudah melakukan hal terbaik untuk mencoba menghadirkan alat yang sama untuk pengembang dan kami bekerja keras bersama mereka," tambahnya.

Ia pun meyakinkan kalau pengembang bakal bisa menyeimbangkan antara performa, kualitas, dan daya tahan baterai, saat iPhone menjalankan game buatannya.

Baca juga: Prancis Perintahkan Penjualan Apple iPhone 12 Dihentikan karena Radiasi

"Dengan fitur seperti ray tracing dan mesh shading dan arsitektur komputer yang sangat canggih, developer mendapat semua akses ke algoritma untuk menentukan bagaimana menyeimbangkan antara kualitas, performa, frame rate dan resolusi," kata Millet.

Sementara itu, VP of Worldwide iPhone Product Marketing Kaiann Drance menanggapi kemungkinan iPhone 15 Pro mengalami panas berlebih dan gagal mempertahankan performa dalam game berintensitas tinggi. Drance menjelaskan pihaknya telah memahami bagaimana kinerja dari iPhone 15 Pro untuk menciptakan grafik saat pengguna memainkan game dengan intensitas tinggi. 

"Saya tahu bahwa kami melakukan banyak hal di sisi SoC, kami melakukan banyak hal di sisi perangkat lunak untuk memastikan bahwa hal ini dapat menjadi pengalaman yang luar biasa," katanya.

Sebelumnya, iPhone 15 Pro resmi dirilis Apple lewat ajang Apple Event, yang digelar pada 13 September 2023 dini hari waktu Indonesia barat. iPhone 15 Pro dirilis berbarengan dengan tiga saudaranya, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max hadir dengan bodi yang lebih kokoh dengan bahan titanium. Kedua ponsel ini dibekali dengan chipset A17 Pro yang hadir dengan fabrikasi 3 nanometer. Chipset A17 Pro diklaim sebagai chipset fabrikasi 3 nanometer pertama yang ada di industri ponsel.

Chipset ini memiliki 19 miliar transistor yang digunakan untuk meningkatkan performa, efisiensi, serta beragam fitur yang dimiliki iPhone 15 Pro. Chipset ini disebut mampu memainkan game konsol seperti Resident Evil Village dan Resident Evil 4 ke dalam ponsel.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat