visitaaponce.com

Penjualan Playstation 5 tak Sesuai Target, Sony PHK 900 Karyawan

Penjualan Playstation 5 tak Sesuai Target, Sony PHK 900 Karyawan
Sony Playstation 5(AFP.Justin Sullivan)

PERUSAHAAN elektronik asal Jepang, Sony mengambil langkah drastis dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 900 karyawan di unit PlayStation Langkah ini diambil sebagai tanggapan terhadap penurunan ekspektasi penjualan tahunan untuk konsol PlayStation 5.

Kepala divisi gim Sony Jim Ryan dalam pernyataannya menegaskan, keputusan tersebut merupakan langkah sulit yang tak bisa dihindari. Ia juga menyoroti tantangan besar yang dihadapi oleh industri gim saat ini.

"Kami telah menyimpulkan bahwa keputusan sulit telah menjadi hal yang tak terelakkan," kata Jim Ryan.

Baca juga : PlayStation 5 Rilis Final Fantasy XVI, Penggemar Puji Alur Ceritanya

Ryan juga mengungkapkan adanya perubahan cara industri gim video mengembangkan, mendistribusikan, dan meluncurkan produk menjadi alasan kuat dalam adanya PHK ini. 

Selain adanya PHK, dampak lain dari keputusan itu akan dirasakan luas, termasuk penutupan studio PlayStation di London seperti Insomniac Games yang sedang mengembangkan gim 'Marvel's Spider-Man 2' dan Naughty Dog yang tengah mengerjakan 'The Last of Us'.s dan dampak serupa pada beberapa studio lainnya.

Keputusan Sony ini juga didorong oleh perkiraan penurunan penjualan unit PlayStation 5 yang menyebabkan penurunan tajam pada harga saham perusahaan setelah pengumuman tersebut.

Baca juga : Sony Luncurkan Headset Gaming Inzone, Ini Spesifikasi dan Harganya

Menurut data dari situs penelusur industri Newzoo, pasar gim video global mengalami pertumbuhan sebesar 0,6 persen pada tahun lalu, mencapai total nilai US$184 miliar atau sekitar Rp2.882,47 triliun. Pertumbuhan ini merupakan perbaikan dibandingkan dengan penurunan lebih dari 5 persen yang terjadi pada tahun 2022.

Sebaliknya, pengumuman Sony juga berdampak pada seluruh industri teknologi.

Pada Januari 2024, Microsoft, perusahaan teknologi raksasa, mengumumkan PHK sekitar 9 persen karyawannya di unit gim setelah mengakuisisi Activision Blizzard. Selain itu, Cisco dan DocuSign juga mengumumkan rencana untuk melakukan pemangkasan tenaga kerja sebagai bagian dari rencana restrukturisasi pada awal bulan ini.

Dengan berbagai perubahan dan penyesuaian yang terjadi, industri gim video terus mengalami dinamika yang signifikan, mendorong perubahan strategi dan adaptasi di kalangan perusahaan-perusahaan besar seperti Sony untuk kedepannya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat