visitaaponce.com

Meta Enggan Terbuka Soal Detail Penyebab Gangguan pada Facebook dan Instagram

Meta Enggan Terbuka Soal Detail Penyebab Gangguan pada Facebook dan Instagram 
Meta tak membuka detail penyebab gangguan Facebook dan Instagram(Pixabay)

META menyoroti banyaknya laporan soal terjadinya gangguan akses pada Instagram dan Facebook semalam, Selasa (5/3). Juru Bicara Meta, Andy Stone mencuit di akun Xnya, @andymstone permintaan maafnya. Dia juga mengatakan bahwa perusahaannya sudah menyelesaikan gangguan ini, tanpa menyebutkan penyebabnya.

"Sebelumnya hari ini, masalah teknis menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami. Kami telah menyelesaikan gangguan ini secepatnya, untuk semua orang yang terkena dampaknya," ungkapnya pukul 12.19 WIB, Rabu (6/3).

Menurut pantauan Reuters dengan Downdetector.com, tepat saat gangguan terjadi, terdapat 550.000 laporan dari pengguna Facebook, semetara untuk Instagram (IG) mendapat 92.000 laporan. 

Baca juga : Gangguan Global: Seluruh Platform Media Sosial Meta, Termasuk Facebook dan Instagram, Tidak Dapat Diakses

Pun demikian, Meta yang sahamnya jatuh 1,2 persen pada pasar saham, tidak segera menanggapi permintaan klarifikasi mendetail soal masalah teknis yang membuat dua sosial media tersebut down secara global. 

Masalah ini pun menarik perhatian Gedung Putih Amerika. Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih turut memantau gangguan milik Meta ini. Juru bicara lembaga tersebut pun menyatakan belum mengetahui soal ada atau tidaknya aktivitas siber berbahaya saat gangguan terjadi. 

Sebagai informasi, termasuk WhatsApp dan Threads, perusahaan digital ini memiliki 3,19 miliar pengguna aktif setiap harinya. Sebenarnya, WhatsApp Business juga mengalami permasalahan. Pun demikian, menurut laporan status dari beberapa sumber yang dilakukan Downdetector, gangguan untuk WhatsApp jauh lebih minor. 

Baca juga : Meta Enggan Bayar, Kominfo Sebut Wajib Dukung Pers

Gangguan yang terjadi di Instagram adalah pengguna tidak bisa memperbarui laman, sementara pengguna Facebook tidak bisa login akun di aplikasi tersebut.

Selama kedua media sosial ini mengalami gangguan, banyak pengguna mengungsi ke X, yang dulu bernama Twitter. Tagar #facebookdown dan #instagramdown pun menjadi topik hangat yang dibicarakan para pengguna X, dengan masing-masing mencapai 56.100 dan 16.800 unggahan. 

Berdasarkan pantauan trending topic X, akibat peretasan ini, mayoritas warganet mengira akun media sosialnya diretas. Ada juga yang tadinya berpikir bahwa sinyal internet gawainya mengalami gangguan. 

Pengusaha teknologi kelas kakap sekaligus pemilik X, Elon Musk bahkan menyindir Meta atas terjadinya gangguan ini. 

“Jika kamu membaca unggahan ini, itu karena server kami berfungsi,” cuit Elon melalui akun Xnya, @elonmusk. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat