visitaaponce.com

Gangguan Global Seluruh Platform Media Sosial Meta, Termasuk Facebook dan Instagram, Tidak Dapat Diakses

Gangguan Global: Seluruh Platform Media Sosial Meta, Termasuk Facebook dan Instagram, Tidak Dapat Diakses
Pada hari Selasa, Meta mengalami gangguan luar biasa pada semua platform media sosialnya, termasuk Facebook, Instagram, dan Threads. (AFP)

META mengalami gangguan yang sangat tidak biasa pada semua platform media sosialnya pada Selasa, dengan pengguna Facebook, Instagram, dan Threads tidak dapat mengakses akun mereka.

Pada sekitar pukul 12:00 waktu pantai timur Amerika Serikat (AS) (1700 GMT), situs-situs tersebut tampak kembali normal, sekitar dua jam setelah laporan gangguan pertama muncul.

"Pada awal hari ini, masalah teknis menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami," kata juru bicara Meta, Andy Stone, dalam sebuah posting di X.

Baca juga : Threads Tambahkan Fitur-Fitur Baru Untuk Perkuat Daya Tarik

"Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampak, dan kami meminta maaf atas segala ketidaknyamanan," tambahnya.

Menurut situs DownDetector, laporan Facebook tidak dapat diakses mencapai puncaknya sekitar 500.000 pada pukul 15:30 GMT. Instagram mencapai sekitar 70.000 laporan pada waktu yang sama.

Threads, pesaing Twitter yang diluncurkan tahun 2023, juga dilaporkan mengalami gangguan, meskipun WhatsApp, layanan pesan Meta, tampaknya terhindar.

Baca juga : Kekacauan Twitter Jadi Kesempatan Emas Threads Meta

Facebook mengalami gangguan serupa pada Oktober 2021 yang dikaitkan dengan masalah teknis, bukan serangan keamanan seperti yang awalnya dikhawatirkan.

Pada puncak insiden pada Selasa, halaman status Facebook, yang ditujukan untuk pengiklan, menyatakan situs tersebut mengalami "gangguan besar" dan "tim teknik sedang berusaha menyelesaikan masalah ini secepat mungkin."

Pengguna yang mencoba mengakses Facebook diminta untuk masuk tetapi tidak dapat masuk menggunakan kata sandi yang benar.

Baca juga : Meta akan Luncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter

Di Instagram, pengguna seluler melihat umpan mereka tidak diperbarui.

Laporan menyebutkan headset realitas virtual Meta juga mengalami masalah, dengan platform Horizon World perangkat tersebut tidak memungkinkan pengguna untuk masuk.

Facebook adalah platform media sosial terbesar di dunia, dengan tiga miliar pengguna aktif bulanan.

Baca juga : Meta Enggan Bayar, Kominfo Sebut Wajib Dukung Pers

Instagram memiliki sekitar 1,35 miliar pengguna, menurut data terbaru.

X, sebelumnya Twitter, melihat lonjakan aktivitas online saat pengguna tidak dapat mengakses situs-situs Meta.

"Menguji, menguji... benar, semuanya berjalan lancar di sini," tulis CEO X, Linda Yaccarino, mengolok-olok pesaingnya.

Media AS menyoroti fakta bahwa gangguan ini terjadi pada Super Tuesday, hari di mana jutaan orang memilih dalam pemilihan pendahuluan di 15 negara bagian dan satu wilayah. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat