visitaaponce.com

Meta akan Luncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter

Meta akan Luncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter
Meta(AFP/Robyn B)

PERUSAHAAN induk Facebook dan Instagram, Meta, akan meluncurkan aplikasi baru berbasis teks yang akan menjadi pesaing Twitter. Dilansir dari BBC, aplikasi ini akan diluncurkan pada Kamis (6/7).

Aplikasi baru ini dinamakan Threads dan tersedia untuk pre-order di Apple App Store. Threads akan terhubung dengan Instagram.

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar, tampak Threads menunjukkan dasbor yang terlihat mirip dengan Twitter. Meta mendeskripsikan Threads sebagai "aplikasi percakapan berbasis teks".

Threads disebut tersedia secara gratis dan tidak akan ada batasan berapa banyak unggahan yang bisa dilihat oleh pengguna.

"Threads adalah tempat komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala sesuatu mulai dari topik yang Anda pedulikan hari ini hingga apa yang akan menjadi tren besok," demikian deskripsi di App Store.

Sebagai aplikasi Meta, Threads juga akan mengambil data di ponsel pengguna, termasuk data lokasi, pembelian, dan riwayat penelusuran.

Sementara itu, Twitter mengatakan dasbor pengguna yang populer, TweetDeck, akan menjadi layanan berbayar dalam waktu 30 hari. Langkah ini merupakan upaya Musk untuk membuat pengguna mendaftar ke layanan berlangganan Twitter, Twitter Blue.

Baca juga: Download Instagram Story dengan Mudah Lewat Storysaver Net

Pada Sabtu lalu, Musk membatasi jumlah tweet yang dapat dilihat oleh pengguna, dengan alasan "pengikisan data" yang ekstrem. Hal ini membuat aplikasi serupa Twitter bermunculan, seperti Donald Trump's Truth Social dan Mastodon. Aplikasi lain yang serupa, Bluesky mengklaim telah melihat "rekor" trafik setelah langkah Musk untuk membatasi penggunaan pada akhir pekan.

Threads bisa jadi merupakan ancaman terbesar yang dihadapi oleh Twitter hingga saat ini. Mark Zuckerberg memiliki sejarah meminjam ide perusahaan lain dan ternyata berhasil, seperti Reels yang secara luas dilihat sebagai tiruan TikTok, sementara Stories terlihat mirip dengan Snapchat.

Selain itu, Meta memiliki sumber daya untuk bersaing dengan Twitter. Threads akan menjadi bagian dari platform Instagram, sehingga juga akan terhubung ke ratusan juta akun. Sehingga aplikasi ini tidak dimulai dari nol seperti yang dilakukan oleh calon pesaing lainnya.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat