visitaaponce.com

Memori Smartphone Penuh Ini Cara Mudah dan Gratis Menambah Ruang di Google Storage

Memori Smartphone Penuh? Ini Cara Mudah dan Gratis Menambah Ruang di Google Storage
Ilustrasi Google Storage.(Dok. Freepik)

PENGGUNA smartphone dan Google pasti sudah tidak asing dengan Google storage. Google Storage adalah fitur ruang penyimpanan atau hard drive modern. Tak sekadar menyediakan memori untuk menyimpan data, Google Storage adalah tempat di mana pikiran, dokumen, dan kenangan terpenting kita berada. Namun, seperti halnya hard drive tradisional, ruang penyimpanannya terbatas.

Google memberi ruang sebesar 15GB untuk digunakan untuk semua hal yang terkait dengan setiap akun. Itu termasuk konten yang terhubung ke Gmail, Google Drive, dan semua foto Google (kecuali yang disimpan sebelum tanggal 1 Juni 2021).

Jika perlu, pengguna juga bisa membeli lebih banyak ruang di sana, dengan harga hanya $2 atau sekitar Rp30 ribu per bulan untuk tambahan 100GB. Tetapi sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan untuk membuat ruang penyimpanan di Google Storage bisa lebih efisien.

Baca juga : IDE by Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024

Berikut cara menambah ruang pada Google Storage:

1. Menghapus puing-puing Drive

Google Drive adalah tempat yang umum bagi file yang menghabiskan ruang penyimpanan dan menguras kuota Anda, tetapi merapikannya tidak membutuhkan waktu lama. Buka tautan yang akan menampilkan daftar semua file Drive Anda yang diurutkan berdasarkan ukurannya, dengan file terbesar di bagian atas.

  • Lihatlah yang paling besar dan hapus apa pun yang tidak Anda perlukan.
  • Klik ikon berbentuk roda gigi di sudut kanan atas Drive, lalu pilih Pengaturan, diikuti dengan Kelola Aplikasi.
  • Aplikasi yang terkait dengan penyimpanan Google Drive Anda terkadang memiliki data tersembunyi, tetapi yang diperlukan hanyalah beberapa klik untuk menghapusnya.
  • Untuk aplikasi apa pun yang memiliki catatan tentang data tersembunyi, klik kotak Opsi berwarna abu-abu di sebelah kanan, dan pilih Hapus data aplikasi tersembunyi.
  • Buka folder Sampah Drive Anda dan klik tautan "Kosongkan sampah" di bagian atas halaman

2. Mengosongkan penyimpanan Foto

Jika Anda telah menyimpan foto dengan ukuran aslinya, Anda dapat mengosongkan banyak ruang dengan mengonversinya ke opsi "Penghemat penyimpanan" Google (yang dulu disebut "Kualitas tinggi"). Ini akan memampatkan gambar menjadi 16MP dan video menjadi 1080p (perubahan yang mungkin tidak akan terlihat oleh sebagian besar orang dan tujuan).

Baca juga : OnePlus Ogah Ikuti Langkah Google dan Samsung

Buka halaman pengaturan Foto dan pilih Penghemat penyimpanan. Jika Anda beralih ke Penghemat penyimpanan, foto-foto Anda yang sebelumnya tidak akan dikompresi secara otomatis. Untuk melakukannya, pada halaman pengaturan Foto, cari tombol "Pulihkan penyimpanan", yang akan mengkompres banyak (tetapi tidak semua) video dan foto yang ada. (Lihat daftar di halaman dukungan Google untuk melihat gambar mana saja yang akan terpengaruh).

Cara praktis lainnya adalah halaman Kelola Penyimpanan, yang dapat diakses dengan mengetuk Penyimpanan di bagian bawah kolom kiri. Ini akan membawa Anda ke halaman yang akan memberitahu Anda berapa banyak waktu yang tersisa sebelum Anda memenuhi ruang penyimpanan dan menawarkan untuk menemukan (dan menghapus) foto-foto buram, tangkapan layar, dan gambar-gambar lain yang mungkin tidak diinginkan yang menghabiskan ruang.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat