visitaaponce.com

Startup Demo Day di BSD City Tarik Puluhan Modal Ventura

Startup Demo Day di BSD City Tarik Puluhan Modal Ventura
Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) berkomitmen mendukung kemajuan ekosistem startup digital inovatif.(Dok Sinar Mas Land)

SINAR Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) berkomitmen mendukung kemajuan ekosistem startup digital inovatif dengan menggelar Startup Demo Day batch ke-1. Program yang diselenggarakan LLV bekerja sama dengan Prasetia Dwidharma--perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi infrastruktur telekomunikasi dan ICT solutions--menghadirkan rangkaian acara seperti demo day, business matchmaking, dan startup networking, bersama 21 startup dan lebih dari 50 venture capital (VC), pada Selasa (28/5), di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City

Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto, menyampaikan terima kasih atas animo yang luar biasa untuk acara Startup Demo Day batch pertama. "Selama ini, LLV mengkurasi startup satu per satu, sehingga pengalaman menyelenggarakan acara demo day menjadi pengalaman sangat menarik untuk kami dapat melihat kompetisi antarstartup bahkan dalam jeda menit saja. Ke depan, kami akan mengadakan demo day batch selanjutnya sehingga memberikan peluang lebih luas bagi para startup untuk mendapatkan pendanaan dari perusahaan modal ventura. Tentu segala upaya ini juga kami lakukan guna mendukung pertumbuhan startup yang kian pesat di Indonesia."

CEO Prasetia Dwidharma, Arya Setiadharma, menambahkan pihaknya menjalin kerja sama dengan Sinar Mas Land selama bertahun-tahun hingga kedua perusahaan menyambut startup dalam demo day tersebut. Melalui acara ini, perusahaan membuka journey startup untuk membantu mereka dalam mengembangkan bisnis, mendapatkan pelanggan, perekrutan karyawan, fundraising, hingga berkesempatan merger dan akuisisi, dan IPO. 

Baca juga : Kembangkan Startup, Living Lab Ventures Ekspansi Pasar ke Jepang

"Untuk dapat mencapai keberhasilan tersebut, para startup founders perlu mengomunikasikan pengalaman mereka dengan efektif. Itulah sebabnya kami hanya memberikan waktu 5 menit kepada startup untuk melakukan pitching, berkomunikasi, dan menjual ide-ide mereka dengan harapan menjadi yang terbaik. Setiap cerita sukses besar dimulai dengan satu pitch yang menarik."

Program demo day bertujuan menghubungkan startup binaan LLV terpilih dengan para pemodal ventura potensial agar dapat berkolaborasi dan menjalin kerja sama strategis. Dalam acara tersebut, para startup berkesempatan  memberikan presentasi tentang ide dan bisnisnya secara langsung di depan para investor selama 5 menit. Investor pemodal ventura terkemuka yang hadir termasuk MDI Ventures, BRI Ventures, Telkomsel Ventures, BNI Ventures, Skystar Capital, Arkana Ventures, Altara Ventures, dan banyak perusahaan investasi lain. 

Sebelumnya, LLV memilih startup terbaik yang berhak mengikuti kegiatan demo day kali ini antara lain Lingkup, Onedo, Borong, Banget Group, Quipster, HRD Room, Call My Dokter, Akun.biz, Tebengan, Openit, Kruuu, Topilmu.id, Pin’J, Blitz, Dealdulu, Squadrones.ai, Doogether, PDAM GO, Social Bread, Yippy, dan Ngabsen. Dalam enam tahun sejak berdiri, LLV sebagai corporate venture dari Sinar Mas Land telah menyaring ratusan startup dari Asia Tenggara serta menginkubasi dan memberikan pendanaan puluhan startup pilihan. 

Dalam usahanya, LLV menganut sektor agnostik yang membuka peluang bagi bidang apapun guna mempercepat transformasi digital di masyarakat luas. LLV juga membina startup tahap awal di skala global sebagai go-to market partner, menyediakan wadah pengujian untuk proof of concept dan layanan soft-landing assistance.

Ke depan, LLV juga berencana membuat acara demo day ini secara rutin yakni per kuartal. Dalam setiap batch, startup yang mendaftar akan dikurasi dengan menilai dari beragam aspek, mulai dari inovasi ide, potensi pasar, dan skalabilitas bisnis. Startup yang tersaring kemudian berkesempatan untuk presentasi dan berbincang langsung dengan investor dan representatif dari perusahaan kapital ventura. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat