visitaaponce.com

Kemitraan Strategis Industri-Perguruan Tinggi Kembangkan Talenta AI

Kemitraan Strategis Industri-Perguruan Tinggi Kembangkan Talenta AI
Kerja sama Feedloop AI dan Universitas Katolik Parahyangan(Dok.Istimewa)

INDUSTRI dan dunia pendidikan perlu berkolaborasi meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung pengembangan talenta di bidang teknologi, khususnya dalam kecerdasan buatan (AI). Dengan bersinergi bisa memajukan penerapan generative AI di sektor pendidikan dan industri di Indonesia.

Hal itu dilakukan Feedloop AI, perusahaan teknologi Indonesia yang bergerak dalam bidang generative AI, yang secara resmi menjalin kemitraan dengan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Penandatanganan kerja sama di kampus Universitas Katolik Parahyangan, Rabu (3/7) ini menandai langkah penting dalam memanfaatkan generative AI di bidang pendidikan.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani CTO dan Co-Founder Feedloop AI Ronaldi Kurniawan Saphala, dan Rektor Universitas Katolik Parahyangan Prof Ir Tri Basuki Joewono PhD.

Baca juga : Indonesia-Tiongkok Perkuat Kerja Sama Ketenagakerjaan

Feedloop AI, dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi generative AI, yang memberikan solusi bagi institusi untuk menganalisis dan mengelola data dengan lebih efektif.

Ronaldi Kurniawan Saphala menyampaikan dalam kerja sama ini, Feedloop AI akan berkontribusi dalam otomasi proses administrasi pendidikan di Universitas Katolik Parahyangan.

Hal ini bertujuan mempercepat proses administratif dan meningkatkan efisiensi operasional sehingga tenaga pendidik dapat lebih fokus pada kegiatan pendidikan dan pengajaran, serta menumbuhkan lingkungan akademis yang lebih kondusif.

Baca juga : Peningkatan Kualitas SDM Cermin Pembangunan Berkelanjutan

Kemitraan ini juga mencakup program magang bagi mahasiswa, serta pemenuhan kebutuhan tenaga ahli seperti dosen tamu, yang semuanya dirancang untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan bekerja langsung menggunakan teknologi AI terkini, memperkuat keterampilan analisis data dan prompt engineering, yang memberikan mereka keunggulan kompetitif di pasar kerja.

"Kerja sama ini merupakan simbol dari komitmen bersama untuk memajukan bidang teknologi dan pendidikan di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih inovatif dan efisien," ungkap Ronaldi.

Baca juga : Bahas Kerja Sama Ketenagakerjaan, Menaker Ida Fauziyah-Dubes Tiongkok Duduk Bareng

Rektor Unpar Prof Tri Basuki Joewono menyampaikan terima kasihnya atas kolaborasi yang terjalin antara Unpar bersama Feedloop AI. "Melalui kolaborasi ini akan membantu Unpar ke depannya. Dengan harapan, kerja sama ini semakin membuka jalan bagi Unpar untuk terus secara kontinu berinteraksi dengan dunia industri," ujarnya.

"Kami sangat perlu dan tentu saja bersedia berbagi dengan apa yang kami punya. Baik pengalaman, jaringan dan hal yang mungkin juga berguna untuk kedua pihak. Kami berharap, Feedloop dan Unpar sama-sama berkembang dengan memulai sesuatu yang baru," lanjutnya. (Ant)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat