visitaaponce.com

Akhir Pekan ini, SpaceX Kirim lagi 4 Astronot ke Luar Angkasa

Akhir Pekan ini, SpaceX Kirim lagi 4 Astronot ke Luar Angkasa
Roket SpaceX( Joel KOWSKY / NASA / AFP)

Akhir pekan ini, tiga awak NASA dan satu astronot Jepang akan bertolak menggunakan roket SpaceX menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ini merupakan misi rutin enam bulan pertama program tersebut sejak Amerika Serikat melanjutkan penerbangan luar angkasa berawak pada Mei lalu. Sebelumnya, selama sembilan tahun mereka bergantung pada Rusia.

NASA, Selasa (10/11) secara resmi mensertifikasi kapsul dragon yang dikembangkan untuk transportasi astronot reguler oleh SpaceX, perusahaan yang didirikan Elon Musk.  SpaceX juga membawa dua astronot ke ISS pada Mei lalu dan kembali ke Bumi lagi pada Agustus.

"Saya sangat bangga mengatakan kami mengembalikan peluncuran pesawat ruang angkasa manusia biasa ke tanah Amerika dengan roket dan pesawat ruang angkasa Amerika," kata administrator NASA Jim Bridenstine.

Penerbangan kali ini direncanakan lepas landas direncanakan pada  pukul 19:49 Sabtu (Minggu 0049 GMT) dari Kennedy Space Center di Florida dengan astronot Amerika Michael Hopkins, Victor Glover dan Shannon Walker dan astronot Jepang Soichi Noguchi di dalamnya.

Sampai Selasa malam, prospek cuaca untuk hari Sabtu diprediksi bagus.

Mereka diharapkan tiba di ISS delapan jam kemudian, pada Minggu 0920 GMT.

Misi tersebut menandai puncak bagi SpaceX, menjadikannya penyedia transportasi favorit NASA - dan sejauh ini paling andal .

"Selama 15 bulan ke depan, kami akan menerbangkan tujuh awak dan kargo dragon untuk misi NASA," kata kepala penerbangan awak SpaceX, Benji Reed.

Misi awak berikutnya diharapkan akan diluncurkan pada akhir Maret 2021, membawa satu astronot Eropa, satu Jepang dan dua awak Amerika. (AFP/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat