visitaaponce.com

Ichthyosaurus Teridentifikasi Sebagai Reptil Raksasa Pertama di Dunia

Ichthyosaurus Teridentifikasi Sebagai Reptil Raksasa Pertama di Dunia
Ilustrasi: Ikan Paus. Nenek moyang ikan paus hidup dalam periode yang cukup panjang atau setidaknya hampir di seluruh zaman Dinosaurus.(MI/DUTA )

Sejumlah ilmuwan dari University of Bonn, Jerman baru-baru ini memublikasikan identifikasi terbaru dari hewan purba ichthyosaurus. Fosil tengkorak hewan yang ukurannya mencapai kurang lebih dua meter itu kini diyakini sebagai reptil raksasa pertama di dunia.

Tak hanya ukurannya yang besar, evolusi hewan yang fosilnya pertama kali ditemukan di sekitar Jerman dan Inggris selatan 250 tahun lalu itu ternyata sangat cepat. Sebagai perbandingan, evolusi sekitar 9% paus di bumi untuk mencapai ukurannya saat ini membutuhkan waktu 55 juta tahun. Sementara, 1 persen ichthyosaurus diperkirakan hanya membutuhkan 150 juta tahun untuk mencapai ukuran sebesar paus.

Dengan ukuran sebesar itu, ichthyosaurus dipercaya sebagai penguasa lautan di masanya. Martin Sander, paleontolog dari University of Bonn mengatakan hewan ini hidup dalam periode yang cukup panjang atau setidaknya hampir di seluruh zaman Dinosaurus.

"Ichthyosaurus sebenarnya berasal dari kelompok reptil darat yang belum banyak diketahui," terangnya, seperti dilansir dari Independent, Jumat, (24/12).

Hasil analisis Sander dan tim sendiri pertama kali terbit di jurnal Science, pada Kamis (23/12). Menurut mereka, fosil yang diidentifikasi kali ini berasal dari Bukit Fosil Augusta, Nevada, California, Amerika Serikat. Ketika ditemukan, kondisi tengkoraknya terjaga dengan baik, bahkan meliputi bagian tubuh lainnya seperti tulang punggung, bahu, dan sirip depan.

Usianya diperkirakan mencapai 247-237 juta tahun, atau lebih tepatnya sejak periode Triassic yang identik dengan kemunculan reptil purba. Pada masa itu, ichthyosaurus telah mencapai ukurannya yang paling ideal atau lebih tepatnya seukuran paus sperma dewasa, yang panjangnya lebih dari 55,78 kaki (17 meter).

"Sejak penemuan kerangka pertama di Inggris selatan dan Jerman lebih dari 250 tahun lalu, hewan ini termasuk dalam kelompok fosil reptil raksasa pertama yang diketahui sains. Mereka telah menjadi imajinasi populer sejak saat itu, jauh sebelum dinosaurus,” pungkas Sander. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat