visitaaponce.com

Internet Explorer Resmi Pensiun

Internet Explorer Resmi Pensiun
Grafik pengguna browser internet(AFP)

Salah satu pionir mesin pencarian di dunia maya, Internet Explorer resmi dipensiunkan. Hal itu dilakukan oleh perusahaan pengembangnya, Microsoft setelah 27 tahunaplikasi itu pertama kali diluncurkan.

Dilansir dari bbc.com, Kamis, (16/6), kepopuleran Interner Explorer  terus memudar dalam setidaknya dua dekade terakhir. Kehadiran Chrome dan Firefox menjadi pukulan paling berat bagi Internet Explorer.

Posisinya semakin tergantikan semenjak era telepon pintar dimulai. Kehadiran berbagai aplikasi pencarian yang lebih canggih dan modern seperti Google Search, Safari, hingga media sosial membuat nama Internet Explorer makin tenggelam (lihat grafis).

Terlebih saat ini mayoritas orang lebih mengandalkan gawai berbasis iOS atau Android untuk digunakan sehari-hari. Penggunaan PC atau komputer berbasis Windows hanya dilakukan untuk kebutuhan tertentu.

Meski terus mengalami kemunduran, selama ini juga tak ada pembaruan berarti yang dilakukan oleh Microsoft terhadap Internet Explorer. Eksistensinya kemudian benar-benr diakhiri oleh Microsoft setelah kemunculan Windows 11.

Namun, seakan tak mau begitu saja melupakan sejarah, Microsoft mengatakan Internet Explorer akan tetap dapat digunakan di sistem operasi tertentu. Di antaranya Windows 8.1, Windows 7 Extended Security Updates, dan Windows 10 edisi terbatas.

Internet Explorer merupakan mesin pencarian pertama yang dimiliki oleh Windows. Kehadirannya pertama kali diumumkan oleh Bill Gates di tahun 1995, bersamaan dengan peluncuran Windows 95. Saat itu peluncuran Internet Explorer sangat ramai dibahas di berbagai negara karena merupakan salah satu momen terpenting dalam sejarah perkembangan tekonologi internet di bumi hingga saat ini.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat