visitaaponce.com

Pusakata Bawakan Lagu Berbahasa Bugis di Jazz Gunung Bromo 2022

Pusakata Bawakan Lagu Berbahasa Bugis di Jazz Gunung Bromo 2022
Pusakata(ANT)

Setelah merampungkan tur album Mesin Waktu 2020 di Sumatra Utara dan Riau, Pusakata bertolak ke Jazz Gunung Bromo 2022. Lawatan itu sekaligus menjadi pembuka tur album barunya di Jawa Timur.

Istiqamah Djamad menjadi salah satu penampil hari perdana Jazz Gunung Bromo 2022. Ia pun mengaku sudah cukup lama menantikan kesempatan bisa manggung di amphiteater Jiwa Jawa, lokasi Jazz Gunung, dengan lanskap alam terbuka dan bentangan Gunung Bromo.

Jazz Gunung yang sejak awal dibentuk oleh Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan almarhum Djaduk Ferianto memiliki karakterisasi musik etnik yang kental. Untuk itu, Pusakata pun mengatakan panggung Jazz Gunung menjadi momen yang tepat membawakan lagunya yang berbahasa Bugis.

“Saya membawakan lagu Bugis yang ditulis sendiri. Lagu ini tercipta setelah saya membaca epos I La Galigo. Judulnya Namamu Kueja Pelan-Pelan. Ini sekaligus menjadi salah satu alasan saya meninggalkan megahnya kehidupan kemarin (bersama Payung Teduh). Karena untuk melambatkan diri ke akar saya. Di Bugis, ada lontar, yang mana itu menjadi jatidiri, dan betapa uniknya kita, tentang keberagaman,” kata Pusakata dalam konferensi pers di Jiwa Jawa Bromo, Jawa Timur, Jumat, (22/7).

Bagi Pusakata, festival jazz selalu bisa mempertemukan berbagai genre. Ini menjadi penting karena ia pun bisa membawa warna musik yang punya kedekatan dengan akar budayanya. Di penampilannya, Pusakata juga akan bermain seruling.

Selain Pusakata, hari pertama Jazz Gunung Bromo juga dimeriahkan Irsa Destiwi & Nesia Ardi, SweetSingNoff, dan Blue Fire Project feat Achmad Albar dan Ian Antono. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat