visitaaponce.com

Punya Kulit Wajah Kering Ini Cara Perawatan yang Tepat Menurut Dokter

Punya Kulit Wajah Kering? Ini Cara Perawatan yang Tepat Menurut Dokter
Ilustrasi(Dok. growthney.com)

Risiko memiliki kulit kering semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi tersebut biasanya disebabkan berkurangnya produksi kolagen, sebum, dan kadar air dalam kulit. Tidak hanya itu, kesalahan pada saat memilih produk perawatan kulit juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.

“Jika salah penggunaan krim atau salah pemilihan krim, itu akan menjadi masalah. Kenapa? Karena hilangnya barrier kulit. Nah, itu akan menyebabkan kulit yang tadinya normal menjadi kering. Karena barrier yang seharusnya melindungi kulit akan hilang," ujra dokter Ratna Defi, dalam siaran pers NourishSkin, Senin, (27/2).

Dokter Ratna mengatakan setiap tipe kulit memiliki masalahnya sendiri. Berbeda dengan pemilik tipe kulit berminyak yang biasanya bermasalah dengan jerawat, pemilik tipe kulit normal cenderung kering umumnya memiliki masalah wajah yang kusam, mudah iritasi, dan cepat mengalami kerutan.

Keadaan kulit seperti ini tentunya dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Terlebih, kondisi kulit kering biasanya juga akan menyebabkan riasan yang dipakai tampak retak atau bahkan mengelupas.

Lalu, kalau sudah begini, bagaimana solusinya?

Berikut ini cara-cara merawat kulit wajah kering menurut dokter Ratna.

1. Hindari membasuh wajah dengan suhu air yang terlalu panas

Kita tahu membasuh tubuh dan wajah dapat membuat tubuh menjadi rileks, apalagi setelah seharian beraktivitas di luar. Namun, membasuh tubuh, terutama bagian wajah, dengan menggunakan air panas dapat membuat kulit menjadi dehidrasi sehingga dapat membuat wajah semakin kering.

2. Pilih produk pembersih wajah yang tidak menyebabkan iritasi

Pemilihan produk pembersih wajah yang tepat juga sangat penting. Apabila memilih produk pembersih wajah yang salah, wajah bisa menjadi iritasi kemudian membuat wajah jadi semakin kering. Untuk membersihkan wajah, pemilik tipe kulit kering disarankan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah yang mengandung aloe vera agar kelembaban kulit tetap terjaga.

3. Selalu menggunakan produk pelembab setelah membersihkan wajah

Membersihkan wajah tentunya merupakan tahap yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, membersihkan wajah juga bisa membuat wajah menjadi kering, terlebih apabila kita terlalu sering melakukannya. Karena itu, untuk menghindari kulit semakin kering setelah dibersihkan, segera gunakan produk pelembab agar kelembaban kulit terjaga.

4. Konsumsi suplemen untuk nutrisi kulit

Terakhir, konsumsi suplemen untuk kulit. Tak hanya dari luar, asupan bergizi juga sangat penting bagi kesehatan kulit. Jika sering lupa untuk makan dengan gizi seimbang, suplemen bisa jadi alternatifnya.

(M-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat