visitaaponce.com

Mengapa Rumah Mudah Berdebu Ini Lho Penyebabnya

Mengapa Rumah Mudah Berdebu? Ini Lho Penyebabnya
Ilustrasi(Dok MI)

TUMPUKAN debu di rumah bukan hanya membuat terlihat lebih kotor tetapi juga dapat memengaruhi kualitas udara dan kesehatan Anda. Lalu, mengapa rumah begitu cepat berdebu?

Menurut Ahli Alergi dan Imunologi Sonia Cajigal, ada beberapa sumber debu yang tersembunyi di setiap rumah. Penumpukan debu di rumah seringkali disebabkan oleh aliran udara yang buruk. Kombinasi aliran udara yang buruk dan pembersihan yang jarang dapat menyebabkan debu dan tungau menetap di beberapa area di rumah. Debu dan tungau dapat memperburuk kondisi penderita alergi dan asma.

“Tungau debu hidup di kasur, bantal dan area lainnya,” kata Cajigal seperti dikutip dari situs Real Simple, Minggu (5/3).

Kepala petugas medis di platform kesehatan Nectar Shyam Joshi mengatakan tirai dan karpet adalah penyebab umum lainnya. Sangat dianjurkan untuk membersihkan karpet dan permadani secara teratur.

Baca juga:  Demi Menjaga Kesehatan Keluarga, Penting Membersihkan Debu di Rumah

Joshi juga menyarankan untuk menjauhkan bintang peliharaan seperti kucing dan anjing dari tempat di mana debu biasanya menumpuk agar dapat mengurangi tingkat penumpukan debu.

Lantas, seberapa sering harus membersihkan debu?

Perlu diingat membersihkan debu tidak hanya mengacu pada menyeka debu di permukaan yang keras. Ini juga termasuk menyedot debu dan mencuci sprei secara teratur.

“Idealnya, ini harus dilakukan setiap sekali dalam satu minggu jika memungkinkan untuk menjaga debu dan alergen yang ada tetap rendah,” ucap Joshi.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat