visitaaponce.com

Pagelaran Sabang Merauke 2023 Sajikan Orkestra dan Musik Tradisi

Pagelaran Sabang Merauke 2023 Sajikan Orkestra dan Musik Tradisi
Suasana latihan Pergelaran Sabang Merauke 2023(Dok:Pergelaran Sabang Merauke)

Pagelaran Sabang Merauke 2023 menjadi helatan ketiga sejak pertama kali hadir pada tahun lalu. Kali ini, Dian HP ditunjuk sebagai direktur musik, menggandeng Avip Priatna sebagai konduktor.

Pertunjukan tahun ini mengambil tajuk Pahlawan Nusantara yang akan berlangsung di JIExpo Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 19–20 Agustus. Gelaran ini sekaligus merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Musikus Isyana Sarasvati dan Cantika Abigail akan bergabung dengan ratusan seniman lintas disiplin dari paduan suara, tari, hingga desainer Indonesia. Dalam gelaran kali ini, yang juga membedakan adalah perpaduan antara musik orkestra dan musik tradisi.

“Ada musik tradisi dan opera. Juga nantinya ada sentuhan elektronik. Jadi memang secara konsep musiknya akan menjadi perpaduan dari beragam latar belakang musik yang berbeda. Misalnya musik tradisi Bali dipadukan dengan paduan suara, musik tradisi Jawa Barat dipadukan dengan musik klasik yang dibawakan Isyana. Dengan banyaknya ragam musik yang ditawarkan, tentu tidak mudah, ini tentu menjadi tantangan bagi saya,” kata Dian HP dalam konferensi pers yang berlangsung di The Resonanz Studio, Jakarta Selatan, Selasa, (8/8).

Batavia Madrigal Singers (BMS) asuhan Avip, tahun lalu pun pernah terlibat pergelaran ini. Namun, memang secara konsep tahun ini akan berbeda. Kali ini, Avip akan membagi kelompok antara paduan suara yang khusus menyanyi dan kelompok yang akan ikut membawakan koreografi di atas panggung.

“Mungkin secara penyampaian, musik tradisi tidak seekspresif orkestra. Dengan memberikan sentuhan orkestra, ini akan memberikan warna dalam penyampaian ke penonton,” kata Avip.

Isyana dan Cantika sendiri akan menyanyikan beberapa nomor lagu daerah secara solo. Selain akan menyanyikan lagu nasional secara bersama para penyanyi lain. Ini bukanlah pertama kalinya kolaborasi Isyana dengan Avip. Keduanya sudah beberapa kali terlibat dalam panggung sama.

“Di pagelaran ini aku akan didandani dengan tampilan Ibu Fatmawati. Tentu sebagai penampil, memiliki tanggung jawab besar untuk menyampaikan pesan ke penonton,” kata Isyana yang di antaranya akan membawakan lagu Bubui Bulan dan Melati Suci.

Bagi Cantika, momen ini juga hal yang paling dinanti. Sebab ia akan menyanyikan tembang daerah asal keluarga dari garis ibunya dari Maluku. Cantika akan membawakan lagu Hela Rotane.

Kidung, musikus tradisi yang dipercaya menggarap musik-musik daerah menambahkan salah satu tantangan dalam penggarapan musik adalah menyelaraskan ragam musik yang dipadukan. Ia mengungkap, untuk menggarap rekaman musik Bali sendiri setidaknya membutuhkan rekaman hingga tujuh jam.

Pagelaran Sabang Merauke diinisiasi iForte dan BCA sebagai upaya mengenalkan kekayaan budaya Indonesia. Sejak dihelat tahun lalu, kini pergelaran disajikan di tempat yang lebih besar untuk menampung penonton. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat