visitaaponce.com

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik saat Membangun Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik saat Membangun Rumah
Ilustrasi pengukuran keramik lantai.(Freepic)

KERAMIK lantai adalah bahan lantai yang terbuat dari tanah liat atau bahan keramik lainnya yang telah diproses dan dibakar pada suhu tinggi. Keramik lantai sangat populer digunakan dalam konstruksi dan desain interior karena memiliki berbagai keunggulan, termasuk ketahanan, daya tahan, dan estetika yang menarik.

Menghitung kebutuhan keramik lantai bisa menjadi konsep yang membingungkan bagi orang yang tidak berpengalaman. Kesalahan dalam perhitungan dapat mengakibatkan situasi yang tidak diinginkan, seperti harus membeli tambahan keramik karena kekurangan atau mengalami kerugian karena pembelian berlebihan. Metode perhitungan kebutuhan keramik berbeda-beda tergantung pada ukuran dan satuan kemasan keramik.

Baca juga: Rentan Terpapar Polusi, Inilah Bahaya Rumah Dekat dengan Jalan Raya

1. Cara Menghitung Kebutuhan Keramik: Menghitung Ukuran Keramik dalam Satu Dus

Untuk memulai perhitungan kebutuhan keramik, langkah pertama adalah mengetahui luas lantai yang akan ditutupi. Selanjutnya, Anda perlu menghitung luas total keramik dalam satu dus.

Ini melibatkan pertimbangan terkait ukuran keramik yang bisa beragam, seperti 20x20, 30x30, dan lain sebagainya. Satuan isi dalam satu dus juga berbeda-beda, seperti 11 keping, 25 keping, atau 35 keping.

Perhitungan yang benar adalah dengan mengonversi satuan ukuran keramik dari sentimeter menjadi meter, kemudian hasilnya dibagi 100. Setelah itu, hasil tersebut dikalikan dengan jumlah keping keramik dalam satu dus.

Baca juga: Mitos Rumah Tusuk Sate dan Tips Menghindari Dampak Negatifnya

2. Cara Menghitung Kebutuhan Keramik: Menghitung Kebutuhan dalam Ruangan

Langkah terakhir adalah menggabungkan dua hasil perhitungan sebelumnya untuk mendapatkan kebutuhan keramik dalam satu dus. Sebagai contoh, jika luas lantai diketahui sebagai 4m x 4m dan ukuran keramik yang digunakan adalah 35cm x 35cm dengan isi 20 keping per dus, maka perhitungannya akan sebagai berikut:

- Luas lantai: 4m x 4m = 16m2

- Konversi ukuran: 0,35m x 0,35m = 0,1225m2

- Hasil akhir: 0,1225m2 x 20 keping = 2,45m2 per dus

Dengan demikian, kebutuhan keramik akan menjadi 16m2 (luas lantai) x 2,45m2 (kebutuhan per dus) = 40 dus keramik.

Dengan melakukan perhitungan ini dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa Anda membeli jumlah keramik yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa pemborosan atau kekurangan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat