visitaaponce.com

Cara Memilih Minuman Suplemen Kolagen yang Tepat Menurut Pakar Kesehatan

Cara Memilih Minuman Suplemen Kolagen yang Tepat Menurut Pakar Kesehatan
suplemen kolagen(unsplash.com/Supliful )

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen yang secara alami ditemukan di dalam tubuh kandungannya akan menurun seiring berjalannya waktu.

Sebab itu, penting untuk membantu memenuhi kebutuhan kolagen sebelum waktunya. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, menjaga kesehatan kulit, hingga mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

Bagi Anda yang tertarik mencoba minuman kolagen, sebelum mengonsumsinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencari produk minuman kolagen yang tepat, seperti yang disarankan sejumlah pakar kesehatan berikut ini.

1. Komposisi
Dosen Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Medhi Denisa Alinda menuturkan dalam minuman kolagen tidak hanya memiliki kandungan kolagen, tetapi juga terdapat berbagai zat lain. Biasanya dalam minuman kolagen mengandung kombinasi zat seperti gluthation, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit.

"Minuman kolagen bisa menjaga kulit dari dalam tapi tergantung dengan berapa dosis kolagen dalam minuman tersebut," ujar Medhi Denisa Alinda seperti dikutip dari laman resmi Unair (Universitas Airlangga).

Dokter kecantikan dan YouTuber dokter Richard Lee menjelaskan terkait minuman kolagen yang bagus atau tidak. "Kalau kita ngomong minuman kolagen bagus atau enggak tergantung dari ingredients-nya. Di dalamnya yang paling bagus adalah kolagen. Nah, kolagennya harus cukup," katanya, dalam acara jumpa pers yang digelar Newlab di restoran Wayang Bistro, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

"Saya melihat banyak banget di Indonesia yang murahnya kelewatan. Setelah saya cek ternyata ingredients-nya enggak cukup. Ada yang kolagennya cuma 500 mg, ada yang vitamin C -nya cuma 100 mg sedangkan di literatur, vitamin C itu 500 mg baru bisa mutihin," lanjutnya.

Dosis aman dan efektif dari kandungan kolagen adalah tidak lebih dari 2,5-15 gram per hari. Medhi menyarankan sebaiknya tidak lebih dari 2,5-15 gram per hari agar peptida kolagen bisa terhidrolisis aman dan efektif.

2. Kandungan gula
Dokter Richard menyampaikan selain melihat bahan-bahan yang terkandung di dalam minuman kolagen, perhatikan juga kandungan gula yang dikandung di minuman kolagen.

"Orang di Indonesia suka gula, ada manis, ada enaknya. Tapi yang penting manisnya itu cukup, tidak berlebihan, jumlah kalorinya itu masih bagus, sesuai dengan standar, bermanfaat," kata dokter Richard.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi gula setiap orang per hari adalah 10% dari total energi (200kkal). Konsumsi tersebut setara dengan gula sebanyak 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari.

3. Aman
Dalam pemilihan produk perawatan kulit termasuk dalam memilih minuman kolagen untuk merawat kulit, penting untuk memeriksa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau tidak. Sehingga minuman kolagen tersebut aman untuk dikonsumsi.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat