visitaaponce.com

Raja Charles Angkat Isu Lingkungan dan Perdamaian saat Menyampaikan Pesan Natal

Raja Charles Angkat Isu Lingkungan dan Perdamaian saat Menyampaikan Pesan Natal
Charles III usai menghadiri kebaktian Hari Natal Keluarga Kerajaan di Gereja St Mary Magdalen, Inggris(Adrian DENNIS / AFP)

Raja Charles III menekankan pentingnya  memahami lingkungan hidup dan perlunya perdamaian di seluruh dunia. Hal itu ia utarakan saat menyampaikan pesan Natal di Istana Buckingham, Senin (25/12).

Berbicara mengenai kondisi negaranya dan juga dunia, pria berusia 75 tahun itu berbicara tentang perlunya meningkatkan kesadaran tentang bagaimana manusia harus melindungi Bumi dan alam yang kita tempati.

Dalam kesempatan itu, dia juga berdoa untuk perdamaian untuk konflik yang berkecamuk di Timur Tengah dan tempat lain.

"Merawat ciptaan ini adalah tanggung jawab yang dimiliki oleh semua orang dari semua agama," kata Charles dalam rekaman pesan kerajaan yang disiarkan di televisi Inggris pada pukul 15.00 GMT.

Sebagai penggiat lingkungan hidup yang berpidato di KTT iklim PBB COP28 baru-baru ini di Dubai, sang raja menambahkan bahwa “kita peduli terhadap bumi demi anak-anak kita”.

IMengakhiri pesannya dengan mengakui konflik yang semakin tragis di seluruh dunia, Charles mengatakan dia berdoa agar umat manusia dapat saling menghargai dan melindungi satu sama lain.

“Kata-kata Yesus nampaknya lebih relevan saat ini: Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin mereka memperlakukan Anda.  Nilai-nilai seperti itu bersifat universal,” ujarnya.

Di acara itu, Putra bungsu Charles, Pangeran Harry dan istrinya yang berkebangsaan Amerika, Meghan, tidak hadir. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat