visitaaponce.com

20 Ayat Alkitab tentang Natal dan Kelahiran Yesus

20 Ayat Alkitab tentang Natal dan Kelahiran Yesus
Ilustrasi renungan perayaan Natal.(Freepik)

KELAHIRAN Yesus diperingati setiap tanggal 25 Desember. Hari ini sering diperingati sebagai perayaan Natal yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Kristiani. Sukacita Natal dapat dirayakan dengan berbagai cara, mulai dari yang paling sederhana sampai mewah.

Namun, di tengah kemeriahan pesta, keceriaan, dan hadiah, mari sempatkan waktu sejenak untuk merenungi makna Natal yang sesungguhnya menurut Alkitab. Seperti yang disebutkan dalam Yohanes ayat 1:14 yang berisi tentang kemulian yang diberikan kepadanya sebagai anak tunggal bapa, dan yang terdapat di firman Lukas 1:37 ditegaskan bahwa Tuhan Yesus adalah Allah yang sanggup dan mampu melakukan segala sesuatu.

Dengan demikian, membaca ayat-ayat yang terdapat di Alkitab saat malam Natal dapat membuatmu dan keluarga akan semakin khidmat karena dapat merasa kehadiran Yesus dalam iman Kristiani.

Baca juga: 20 Lagu Rohani Natal Beserta Liriknya

Untuk itu, berikut adalah beberapa kumpulan ayat Alkitab yang identik dengan Natal dan kelahiran Yesus.

1. Zakharia 9:9

Ayat ini berisi Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

2. Yohanes 3:16

Ayat ini berisi Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

3. Kisah 5:13

Ayat ini berisi Dia telah ditinggikan Tuhan dengan tangan kanan-Nya untuk menjadi seorang pangeran dan Juruselamat, untuk memberikan pertobatan kepada Israel, dan menerima pengampunan dosa.

4. Lukas 2:20

Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Baca juga: Sejarah Pohon Natal, Begini Asal Mula dan Maknanya

5. Galatia 4:4-5

Ayat ini berisi Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.

6. Yesaya 7:14

Ayat ini berisi Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

7. Mazmur 72:11

Ayat ini berisi Semua raja akan bersujud di hadapannya, dan semua bangsa akan melayaninya.

8. Matius 1:22-23

Ayat ini berisi Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel"–yang berarti: Allah menyertai kita.

9. Matius 1:21

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

Baca juga: Paskah Menjadikan Hidup Merekah

10. Matius 1:20

Ayat ini berisi Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

11. Matius 1:18

Ayat ini berisi Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

12. Lukas 2:6-7

Ayat ini berisi Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

13. Lukas 2:4-5

Ayat ini berisi Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud, supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

14. Lukas 1:35

Ayat ini berisi Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah."

15. Lukas 1:30-31

Ayat ini berisi Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus."

16. Yeremia 10:3-5

Ayat ini berisi Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang.

17. Amsal 17:22

Ayat ini berisi Tak kalah indah, berikut ayat Alkitab tentang Natal dari Amsal 17:22. "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang."

18. Lukas 2:14

Ayat ini berisi Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

19. Lukas 2:10

Ayat ini berisi Lalu kata malaikat itu kepada mereka: Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.

20. Roma 6:23

Ayat ini berisi Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Itu dia ayat-ayat yang dapat dibaca yang bisa menjadi renungan maupun ucapan untuk mengisi hari Natalmu. Dengan menyelipkan ayat-ayat tersebut di hari Natal, makan makna Natal akan terasa lebih khidmat.

Selamat menyambut Natal dan Tahun baru, semoga keberkahan selalu menemani setiap insan manusia. Salam kedamaian.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat