visitaaponce.com

Tol Cipali Satu Arah hingga KM 72 Tol Cikampek Arah Jakarta Sampai Malam Ini

Tol Cipali Satu Arah hingga KM 72 Tol Cikampek Arah Jakarta Sampai Malam Ini
Polres Cirebon Kota mengatur lalu lintas kendaraan yang melintas jalan tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/12).(Antara)

UNTUK mengantisipasi kepadatan kendaraan pada arus balik libur Natal,  Polda Jabar telah menyiapkan  rekayasa lalu lintas. Diperkirakan kepadatan arus balik pada Selasa (26/12) malam ini.

Menurut data resmi dari Polda Jabar, rekayasa lalu lintas ini berlaku pada Selasa, (26/12), pukul 14.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Rekayasa lalu lintas one way akan diberlakukan di tol Cipali, mulai dari KM 188 gerbang tol Palimanan hingga KM 72 gerbang tol Cikampek Utama ke arah Jakarta.

Kendaraan dari Jakarta menuju Cikampek/Cipali akan dialihkan ke GT Cikampek KM 72 ke jalur Pantura. Kendaraan bisa masuk ke tol Trans Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 tol Palimanan-Kanci. 

Baca juga : Contraflow di Tol Japek Dihentikan karena Lalu Lintas Lancar

Selanjutnya, contraflow dua lajur akan diberlakukan dari KM 72 tol Cikampek hingga KM 47 tol Jakarta Cikampek ke arah Jakarta. Kendaraan yang menuju Bandung bisa melalui tol Jakarta-Cikampek secara normal.

Dari KM 47 sampai dengan KM 36 menggunakan rekayasa lalu lintas contraflow 1 lajur. Polda Jabar juga mengatakan, kendaraan dari Bandung yang akan menuju Cirebon melewati tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujung Jaya, Majalengka, Cirebon, dan Palimanan 3. 

"Kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik bisa keluar melalui gate interchange, yakni Sumber Jaya, Cisumdawu, Subang, Kertajati, Cikedung, Kalijati, dan Cikopo," tambahnya.

Baca juga : Arus Balik Nataru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Sementara itu KBO Sat Lantas Polresta Bandung Ipda Yana Mulyana mengatakan, saat ini arus kendaraan yang mengarah ke Ciwidey dari Soreang Kabupaten Bandung, tidak seramai pada Minggu (24/12). 

"Justru lebih banyak kendaraan yang mengarah turun dari Ciwidey menuju Bandung. Dari arah Ciwidey ke arah bawah yang selesai berwisata itu cukup ada peningkatan, mengingat kendaraan yang kemarin tidak langsung turun banyak yang menginap di tempat wisata," ujarnya.

Menurut Yana, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas petugas pun melakukan one way dengan priorotas kendaraan menuju Ciwidey dari pertigaan Sadu, Soreang pada pagi hari. Sementara siang hingga sore, polisi melakukan one way dengan priorotas kendaraan dari Ciwidey arah Soreang.

"Jarak one way sekitar 3 KM dari Sungapan mengarah ke bawah dan Alhamdulillah cukup maksimal bisa menarik kendaraan dari Ciwidey. Lalu lintas di masa liburan natal ini, akan menjadi evaluasi untuk persiapan pengaturan lalu lintas di saat libur tahun depan pekan depan," ungkapnya. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat