visitaaponce.com

Pupuk Kujang Bangun Pabrik Dry Ice

Pupuk Kujang Bangun Pabrik Dry Ice
Ilustrasi.(Freepik)

PUPUK Kujang Cikampek melakukan pengembangan bisnis dengan membuat pabrik dry ice di kawasan industri mereka. Pabrik dry ice tersebut dibangun secara swakelola dan selesai tepat waktu. 

"Pembangunan pabrik ini selesai dalam waktu 12 bulan. Selain selesai tepat waktu, pembangunan pabrik juga tepat bujet dan nihil kecelakaan kerja. Peresmian pabrik setelah Idul Fitri 2024 mudah-mudahan menjadi awal yang baik dan penuh berkah," tutur Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryono, setelah peresmian pabrik tersebut melalui siaran pers yang diterima, Rabu, 17 April 2024.

Dry ice atau es kering merupakan karbon dioksida yang dipadatkan. Komoditas itu memiliki banyak fungsi dan sering dimanfaatkan di bidang industri makanan, rumah sakit dan klinik, industri pembersihan tertentu, hingga instalasi seni panggung dan pertunjukan.

Baca juga : Akuisisi FGV dan Hettich Rampung, CEO Ditetapkan

Pabrik dry ice itu dibangun di lahan seluas 87 meter persegi di area pabrik CO2 cair. "Investasi pabrik dry ice ini menelan biaya hingga Rp9,8 miliar. Adapun kemampuan produksi pabrik dry ice ini mencapai 3 ribu ton per tahun," tutur Maryono. 

Selanjutnya pabrik ini diproyeksikan meraup keuntungan hingga Rp4 miliar-Rp5 miliar per tahun. Kondisi ini akan membantu Pupuk Kujang semakin berkembang dan menambah laba perusahaan.

Pembangunan pabrik dry ice juga tak lepas dari kebutuhan komoditas tersebut yang tergolong tinggi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Bahkan saat ini, Pupuk Kujang telah menjual dry ice sebanyak 8 ton untuk sejumlah industri yang membutuhkannya. "Saat ini sudah full pembeli. Jadi memang kawasan di Jakarta dan Jawa Barat ialah pengguna dry ice besar sehingga produksi Pupuk Kujang sudah teroptik semua ke para pembeli kita," kata Maryono.

Selain aspek pengembangan bisnis dan menambah laba, pembangunan pabrik dry ice memiliki fungsi lain, yaitu memperkuat aspek green industry Pupuk Kujang. Alasannya, ujar Maryono, pabrik dry ice bisa mencegah emisi karbon lepas ke udara. "Pabrik ini bisa mencegah 3 ribu ton karbon rilis ke udara dalam setahun. Tentu ini bisa sekaligus mengurangi efek rumah kaca," kata Maryono. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat