visitaaponce.com

Harga Tiket Pesawat Naik, Mudik Gratis Harusnya Juga Ada Saat Lebaran dan Natal

Harga Tiket Pesawat Naik, Mudik Gratis Harusnya Juga Ada Saat Lebaran dan Natal
Ilustrasi: armada bus mudik gratis siap berangkat(MI/Djoko Sardjono)

WAKIL Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno turut mengomentari harga tiket pesawat yang naik menjelang musim mudik dan Lebaran tahun ini.

"Tiket pesawat yang naik selama dia masih bisa masuk kategori tiket batas atas (TBA) itu tidak apa-apa. Sekarang tugas pemerintah mengawasi tarif tiket pesawat agar terus diawasi (agar tidak naik)," kata dia saat dihubungi pada Minggu (24/3).

Namun saat ini, sambung dia, pemerintah telah memberikan solusi dengan mengadakan mudik gratis motor menggunakan kapal laut.

Baca juga : Pelni Sediakan Mudik Gratis untuk Periode Nataru 2023-2024

"Tidak hanya kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta) ke Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang) dan Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya). Tahun ini kalau tidak salah ada 20 rute, ini yang menarik, tahun depan juga bisa ditambah dan hanya bukan Lebaran, Natal juga harus diberikan," jelas dia.

Mudik gratis menggunakan kapal, lanjut dia, juga bisa diberikan untuk beberapa kota di Kalimantan ke Pulau Jawa dan Sulawesi. Karena di Kalimantan cukup banyak perantauan yang berasal dari Jawa dan Sulawesi, sedangkan di Sulawesi banyak perantauan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, asas keadilan juga harus diberikan untuk pemudik berasal dari luar Jawa.

"Saya lihat yang dari Makassar banyak perantauan dari orang NTT dan NTB bisa mudik menggunakan kapal laut, kapalnya gede-gede, ini baguslah untuk masyarakat menengah kebawah bisa menggunakan kapal laut," pungkasnya.

Mudik gratis, ujar dia, tidak hanya dilakukan untuk masyarakat Jabodetabek pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Namun, beberapa daerah juga melakukan untuk warga di daerahnya. Selain juga ada pemda yang ikut menyediakan sejumlah armada untuk menjemput warganya yang merantau di Jabodetabek, seperti yang dilakukan Pemprov.

"Jawa Tengah yang sudah secara rutin menyediakan sejumlah bus setiap musim mudik lebaran. Sementara Pemda. DKI Jakarta turut menyediakan sejumlah bus gratis untuk mengantarkan warga daerah di Jakarta kembali ke kampung halamannya," tandasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat