visitaaponce.com

Jelang Idul Adha, Harga Daging dan Beras mulai Mahal

Jelang Idul Adha, Harga Daging dan Beras mulai Mahal
Warga membeli daging sapi di Pasar Al Mahirah, Desa Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/7/2022).(ANTARA/AMPELSA)

JELANG Idul Adha, harga beras dan sejumlah bahan pokok di Kabupaten Gresik, Jatim, masih bertahan pada posisi mahal. Harga beras premium masih bertahan hingga pada kisaran harga Rp16 ribu per kg dan beras medium bertahan pada harga Rp14 ribu per kg.

Begitu juga harga daging sapi masih kisaran Rp115 ribu dan daging ayam yang bertahan pada harga Rp34 ribu per kg. "Beras dan harga sembako lainnya masih tetap mahal. Padahal, sebentar lagi Lebaran Idul Adha," keluh Nurjanah, warga Panceng, Minggu (19/5).

Harga beras premium saat ini, lanjut dia, masih seharga Rp380 ribu per 25 kg. Sedangkan, beras medium kini juga masih bertahan pada kusaran Rp320 ribu untuk setiap kemasaran 25 kg.

Baca juga : Jadwal Libur Idul Adha 2023 Ditambah, Ada Cuti Bersama ?

"Iya agak turun tapi ya tetap mahal. Kalau eceran kemarin harga beras premium masih kisara Rp15.500 sampai Rp16 ribu. Untuk beras medium eceran berkisar Rp14 ribu per kg," tambahnya.

Sedangkan untt harga gula putih juga masih bertahan pada harga mahal. Yakni, seharga Rp17. 000 per kg dan harga telur ayam buras juga masih mahal dikisaran Rp29 ribu 30 ribu per kg.

Sementara harga daging kambing juga masih seharga Rp120 ribu per kg serta daging ayam juga bertahan pada kisarab harga Rp34 ribu per kg. Daging sapi dan daging ayam juga masih mahal.

Baca juga : Lebaran Haji 2023 Tanggal Berapa? Hari Libur dan Cuti Bersama

Masih mahalnya harga telur dan daging itu dikarenakan tingginya permintaan konsumen di pasaran menjelang musim haji.  "Ya, mungkin banyak orang hajatan untuk persiapan ibadah haji," jelas Khamin, pedagang daging di pasar setempat.

Meski mahal, kata dia, warga setempat banyak yang membeli. Karena, untuk memenuhi permintaan warga yang bersiap untuk acara maupun hajatan lainnya.

Konsunen berharap, pemerintah bisa segera menstabilkan harga sejumlah bahan pangan terutama, daging agar tetap terjangkau dengan daya beli masyarakat kecil. Apalagi sebentar lagi Lebaran yang bakal banyak acara hajatan dan perayaan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat