visitaaponce.com

Lebaran Haji 2023 Tanggal Berapa Hari Libur dan Cuti Bersama

Lebaran Haji 2023 Tanggal Berapa? Hari Libur dan Cuti Bersama
Jemaah haji dari berbagai negara memadati sekaligus memanjatkan doa di bukit Jabal Rahmah di Padang Arafah, Mekkah, Arab Saudi, Jumat (8/7)(MI/Susanto)

HARI Raya Idul Adha atau yang sering disebut masyarakat Indonesia dengan sebutan Lebaran Haji diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah. Ibadah kurban dan salat Id akan dilaksanakan pada hari raya tersebut.

Idul Adha adalah bentuk ungkapan rasa syukur umat Islam, sebagai upaya untuk membersihkan diri dari nikmat yang diterima, serta untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Umat Muslim di seluruh dunia merayakannya sebagai peringatan atas kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail dalam taat kepada Allah.

Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam dilarang untuk berpuasa seperti yang telah ditegaskan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa:

Baca juga: Rukun dan Syarat Sah Haji, Calon Jamaah Wajib Tau

“Pada dua hari ini, yaitu Idul Fitri setelah Ramadan dan Idul Adha setelah wukuf di Arafah, Nabi Muhammad melarang berpuasa.”

Pada hari raya tersebut, orang yang mampu akan melakukan kurban hewan, seperti kambing, sapi, kerbau, atau unta. Daging yang dihasilkan dari kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan juga pihak yang melakukan kurban. 

Baca juga: 121.734 Ribu Orang Sudah Lunas Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Diharapkan pada Hari Raya Idul Adha ini, semua orang dapat menikmati daging yang biasanya hanya dapat dinikmati oleh orang yang lebih mampu.

Menurut pemerintah Indonesia, Hari Raya Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis 29 Juni 2023 seperti yang tertulis di Kalender dengan Hari Libur Nasional tahun ini. Pemerintah menetapkan libur nasional untuk Idul Adha adalah tanggal 29 Juni 2023 dan tidak ada cuti bersama untuk Hari Raya Idul Adha.

Sebelum Hari Raya Idul Adha, pemerintah akan mengadakan sidang isbat seperti yang dilakukan untuk menentukan hari raya Ramadhan dan Idul Fitri. Ada kemungkinan tanggal lebaran haji yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah dan pemerintah berbeda karena perbedaan metode penentuan, namun ini bukan masalah besar dan masyarakat dapat memilih sesuai keyakinannya tanpa harus bersikap memecah belah.

Terdapat 3 golongan yang akan menerima daging kurban Hari Raya Idul Adha yakni Shohibul Kurban atau orang yang berkurban, kerabat, teman, dan tetangga sekitar meskipun orang tersebut berkecukupan, dan juga kepada fakir miskin. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat