visitaaponce.com

Jemaah Haji Indonesia Doakan Kemerdekaan Palestina

Jemaah Haji Indonesia Doakan Kemerdekaan Palestina
Ilustrasi, jemaah haji yang sedang wukuf di Padang Arafah.(Dok. AFP)

JEMAAH haji Indonesian mendoakan kemerdekaan Palestina pada perayaan wukuf di Padang Arafah Sabtu 9 Dzulhijjah atau 15 Juni. Doa kemerdekaan Palestina disampaikan dalam khotbah wukuf yang disampaikan di akhir Khotbah Arafah, oleh Habib Ali Hasan Al Bahar yang menjadi khatib wukuf di tenda Misi Haji Indonesia.

Habib Ali mengajak jemaah haji mendoakan umat muslim di Gaza. Tentu doa untuk warga Palestina.

"Ya Allah berikan keselamatan kepada saudara-saudara kami di Gaza. Berikan kemerdekaan kepada Palestina Merdeka," ujar Habib Ali Hasan Al Bahar yang langsung diamini para jemaah haji Indonesia yang melaksanakan wukuf di Arafah. Dia juga mengulang hingga dua kali doa keselamatan bagi muslim di Gaza Dan kemerdekaan Palestina.

Baca juga : Jelang Closing Date Haji, 203.512 Jemaah Telah Tiba di Tanah Suci

Dua kali musim haji, Habib Ali Hasan Al Bahar, guru besar UIN Syarif Hidayatullah, menjadi khatib yang menyampaikan khotbah Arafah. Makna dalam khotbah yang disampaikan alumnus S1 dan S2 di Yordania itu begitu dalam.

"Arafah ialah tempat membuka mata kita melihat diri kita sebagai manusia dan melihat manusia lainnya dengan pandangan kemanusiaan," ujar Habib Ali HAsan Al Bahar.

Di Arafah, kata Ali Hasan, jemaah Indonesia bertemu dengan jemaah haji dari seluruh dunia yang membaa panji kehormatan bangsanya masing-masing. "Seperti halnya kita sebagai bangsa Indonesia membawa diri kita dalam ketinggian harga diri bangsanya," katanya.

Baca juga : Jutaan Orang Tunaikan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas Arab Saudi

Ali mengajak jemaah menggunakan Arafah untuk tawajjuh dan menjadi momen bertemunya tawajjuh dengan tajalli. "Kita bertawajjuh kepada Allah SWT dan bertajalli kepada kita. Tawajjuh berarti menghadapkan pandangan nurani kita kepada kebesaran Allah SWT. Dan tajalli artinya Allah menghadapkan pandangan-Nya di atas singgasanaNya kepada kita semua. Maka jangan sekali-kali gusar akan haji kita," katanya.

Di tenda Misi Haji Indonesia hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Komisi VIII DPR, Ketua Komisi III DPD, Ketua BPK, dan para Amirul Hajj.

Banyak jemaah haji Indonesia meneteskan air mata saat doa untuk warga Gaza dan kemerdekaan Palestina disampaikan.

"Sungguh dahsyat khotbahnya. Saya sampai kehabisan air mata," ujar Syamsuddin, Kasi Media center Haji.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat